image

Tenaga Kerja Asing Harus Mengikuti Prosedur

Jumat, 03 Juli 2015 00:07 WIB

Berita soal banyaknya tenaga kerja dari China yang masuk ke Indonesia juga mendapat sorotan dari pimpinan MPR. Ketua MPR Zulkifli Hasan saat ditemui wartawan, 2 JUli 2015, mengatakan dalam soal memasukkan tenaga kerja asing ke Indonesia, kita harus hati-hati. Menurutnya, Indonesia memiliki aturan dan undang-undang soal ketenagakerjaan. "jadi tak bisa sekonyong-konyong masuk," ujarnya. "Tenaga kerja asing kalau mau berkerja di Indonesia harus mengikuti prosedur yang ada," ujarnya. Dirinya menegaskan tenaga kerja dari asing harus benar-benar memiliki keahlian.

Apa yang dikatakan Zulkifli itu dikuatkan oleh Wakil Ketua MPR Mahyudin. Menurut Mahyudin, Dirjen Imigrasi harus ketat mengawasi tenaga kerja asing sebab banyak di antara mereka yang ijinnya sudah habis namun masih tetap bertahan dan bekerja di Indonesia.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid heran di satu sisi banyak orang yang bekerja keluar negeri, kok ada banyak tenaga kerja dari asing masuk ke Indonesia. Dirinya menegaskan, tenaga kerja lokal sendiri yang seharusnya menjadi prioritas pemerintah. Boleh saja tenaga kerja dari asing namun harus yang ahli.