.menu_preview{ /* display:none;*/ }

Visi misi tujuan dan sasaran

 

Visi Sekretariat Jenderal MPR

Visi Sekretariat Jenderal MPR RI 2020  – 2024 merupakan  rumusan  umum mengenai  keadaan  yang  diinginkan  pada  akhir  periode  perencanaan  2020. Proses perumusan Visi Sekretariat Jenderal MPR RI 2020 – 2024 mempertimbangkan 3 (tiga) unsur, yaitu (1) Visi MPR RI, (2) ekspektasi MPR RI  terhadap  Sekretariat  Jenderal  MPR  RI,  meliputi  Pimpinan  MPR  RI, Pimpinan Sekretariat Jenderal MPR RI dan (3) RPJMN 2020 – 2024.

“Terwujudnya  Birokrasi Berkelas Dunia dalam melayani Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Alat Kelengkapan dan Masyarakat

Sekretariat Jenderal MPR RI dengan  agenda  pembangunan nasional  yaitu  “memperkuat Stabilitas  Polhukhankam  dan  Transformasi  Pelayanan  Publik”. Didalamnya termasuk Implementasi Reformasi Birokrasi Nasional. Berdasarkan kedua unsur tersebut, dirumuskan Visi Sekretariat Jenderal MPR RI sebagai berikut:

Visi Sekretariat Jenderal MPR RI terdiri dari 3 (tiga) kata kunci yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Birokrasi berkelas dunia
    Sekretariat Jenderal MPR RI sebagai lembaga pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi, mampu menyelenggarakan pelayanan prima kepada Pimpinan MPR RI, Anggota MPR RI, Alat Kelengkapan dan Masyarakat. Manajemen pemerintahan yang demokratis agar mampu menghadapi tantangan pada abad ke-21 melalui tata  pemerintahan yang baik.

  2. Melayani Pimpinan MPR RI, Anggota MPR RI dan Alat Kelengkapan.
    Sekretariat Jenderal MPR RI memberikan layanan prima kepada Pimpinan MPR RI, Anggota MPR RI dan Alat Kelengkapan untuk mendukung tugas dan wewenang konstitusional. Memastikan layanan prima berkontribusi positif terhadap capaian strategis MPR RI, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  1. Melayani Masyarakat.
    Sekretariat Jenderal MPR RI memberikan layanan publik yang prima berdasarkan asas penyelenggaraan pelayanan publik, meliputi: kepentingan umum; kepastian hukum; kesamaan hak dan kewajiban; keprofesionalan; paritisipatif; persamaan perlakukan/tidak diskriminatif; keterbukaan; akuntabilitas; fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan; ketepatan waktu; serta kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan.

 

Misi Sekretariat Jenderal MPR

Misi Sekretariat Jenderal MPR RI merupakan rumusan umum mengenai upaya- upaya  yang  akan  dilaksanakan  untuk  mewujudkan  Visi  Sekretariat  Jenderal MPR RI. Berdasarkan Visi Sekretariat Jenderal MPR RI, berikut adalah misi yang harus dilakukan:

  1. Memberikan layanan prima sesuai kebutuhan strategis MPR RI dalam menjalankan tugas konstitusional.
    Misi pertama dilaksanakan dalam rangka mendukung kata kunci visi kedua yaitu Melayani Pimpinan MPR RI, Anggota MPR RI dan Alat Kelengkapan. Layanan konstitusi yang dimaksud mencakup layanan teknis, layanan  administrasi  dan  layanan  keahlian.  Layanan  prima  merupakan layanan yang diselenggarakan dengan standar tertentu, sesuai dengan kebutuhan dan harapan penerima layanan.

 

  1. Melaksanakan Reformasi Birokrasi  Sekretariat  Jenderal  MPR  RI berdasarkan standar dan praktik terbaik nasional. 
    Misi kedua dilaksanakan dalam rangka mendukung kata kunci visi pertama dan ketiga yaitu Birokrasi berkelas dunia dan Melayani masyarakat. Sebagai Aparatur Pemerintah, Sekretariat Jenderal MPR RI wajib untuk memberikan layanan publik kepada masyarakat. Penyelenggaraan layanan publik yang prima dapat terwujud jika Sekretariat Jenderal MPR RI memiliki tata kelola yang baik. Untuk dapat mewujudkan tata kelola yang baik, Sekretariat Jenderal MPR RI melaksanakan area perubahan Reformasi Birokrasi dengan barometer, standar dan praktik terbaik di tingkat nasional.

 

Tujuan

Untuk merealisasikan Visi dan Misi Sekretariat Jenderal MPR RI, perlu dirumuskan tujuan dan sasaran-sasaran strategis tahun 2015- 2019 yang lebih jelas guna menggambarkan ukuran-ukuran terlaksananya misi dan tercapainya visi.

Tujuan strategis Sekretariat Jenderal MPR RI tahun 2015-2019 dirumuskan berdasarkan kualitas layanan dan sistem tata kelola yang diperlukan untuk menghasilkan layanan prima kepada Majelis dan alat Kelengkapannya sebagaimana dikehendaki dalam rumusan tujuan Sekretariat Jenderal MPR RI adalah sebagai berikut :

 

Tercapainya kualitas dukungan di bidang layanan kepada MPR dan alat kelengkapan yang profesional;
Tercapainya kualitas dukungan teknis, administrasi dan keahlian sesuai arah Reformasi Birokrasi yang akuntabel;

Tercapainya kualitas dukungan sarana dan prasarana yang profesional;

 

Sasaran Strategis Kementerian/ Lembaga

Untuk keperluan pengukuran ketercapaian tujuan strategis Sekretariat Jenderal MPR diperlukan sejumlah sasaran strategis yang menggambarkan kondisi yang harus dicapai pada tahun 2019. Sasaran strategis adalah kondisi yang akan dicapai secara nyata mencerminkan pengaruh yang ditimbulkan oleh adanya hasil (outcome) dari satu atau beberapa program tujuan tersebut adalah sebagai berikut :


Sasaran strategis yang dirumuskan tujuan tercapainya kualitas dukungan di bidang layanan kepada MPR dan alat kelengkapan yang profesional yaitu :

Peningkatan kualitas dukungan terhadap pelaksanaan tugas dan wewenang MPR, dan alat kelengkapannya

Sasaran strategis yang dirumuskan untuk tercapainya kualitas dukungan teknis dan administrasi sesuai arah Reformasi Birokrasi yang akuntabel yaitu :

Mencapai tata kelola Sekretariat Jenderal MPR yang baik melalui Reformasi Birokrasi bidang kelembagaan, ketatalaksanaan dan sumber daya aparatur;

Sasaran strategis yang dirumuskan untuk tercapainya kualitas dukungan sarana dan prasarana yang profesional yaitu :

Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana yang berbasis teknologi untuk mendukung tugas-tugas MPR dan alat kelengkapannya;
 
Kontak