image

Ahmad Basarah Terima Nawacita Award 2024 Kategori Pendidik Karakter Bangsa

Selasa, 17 September 2024 13:49 WIB

JAKARTA – Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah terpilih sebagai penerima Nawacita Award 2024 per orangan kategori Pendidikan Karakter Bangsa dari Media Nawacita Indonesia (MNI).

Nawacita Awards diserahkan kepada semua penerima penghargaan baik per orang maupun kelembagaan di Jakarta, Senin (16/9/24) malam. Para tokoh nasional itu terpilih setelah melewati seleksi ketat dewan juri yang dipimpin oleh Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H., M.H.

‘’Saya ucapkan terima kasih kepada Dewan Juri dan Pimpinan Media Nawacita Nusantara yang ternyata mencermati aktifitas sosial-politik dsn kenegaraan saya, lalu memilih saya sebagai penerima award dalam bidang pendidikan karakter bangsa,’’ ujar Ahmad Basarah, dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (17/9/24).

‘’Saat penghargaan diserahkan di Jakarta, saya tak bisa hadir sebab saya sedang berada di Saint Petersburg, Rusia dalam rangka mendampingi kunjungan kerja Presiden RI ke-5, Ibu Megawati Soekarnoputri dan juga dalam rangka melakukan pendidikan karakter bangsa lewat program sosialisasi 4 Pilar MPR RI diaspora Indonesia di Rusia yang juga punya hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan karakter bangsa,”  Ahmad Basarah, yang mengutus puteranya, Adam Bhaskara, mewakili dirinya menerima penghargaan  yang diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pembina Media Nawacita Indonesia (MNI), Yasonna H. Laoly.

Dalam sambutannya, Yasonna menjelaskan Nawacita Awards 2024 diberikan sebagai anugerah dan apresiasi tertinggi dari MNI bagi tokoh dan lembaga yang berkomitmen terhadap kemajuan bangsa dengan kriteria menunjukkan keunggulan dalam berbagai bidang, dari inovasi hingga pelayanan publik, tanpa keterkaitan politik.

Meurut Direktur Utama Media Nawacita Beesokhi Ndruru, tahun ini merupakan kali ketiga Nawacita Awards diberikan. Pada 2022, terdapat 27 penerima Nawacita Awards dengan sembilan kategori. Setahun kemudian, terdapat sembilan pemenang dengan sembilan kategori serta satu pemenang untuk kategori favorit.

Di awal Nawacita Awards diberikan pada 2022, tak ada nominasi untuk kategori Pendidikan Karakter Bangsa seperti yang tahun ini diterima Ahmad Basarah. Baru pada 2023, MNI memberikan Nawacita Award untuk kategori itu kepada mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko dan tahun ini diberikan pada Ahmad Basarah.

Penghargaan Nawacita ini melengkapi penghargaan yang diterima Ahmad Basarah pada 2023. Saat itu, anggota DPR RI dari Dapil Malang Raya, Jawa Timur, ini memperoleh ‘’Positive News Maker 2023’’ Award atas dedikasinya membumikan nilai-nilai Pancasila.

Menurut Yasonna, Nawacita Awards memiliki landasan yang kuat dalam konsep ideologi Trisakti yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno pada 1964. Award ini tidak hanya dianugerahkan kepada sejumlah individu, tapi juga lembaga serta korporasi yang telah memberikan kontribusi nyata memajukan nilai-nilai Trisakti di era digital.

Selain kepada Ahmad Basarah, Nawacita Award 2024 juga diberikan kepada pemenang per orangan masing-masing untuk Kategori Pertahanan dan Keamanan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kategori Penguatan Kebhinnekaan Indonesia Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, Kategori Kemandirian Ekonomi Nasional Prof. Sri Edi Swasono, Kategori Kemajuan Infrastruktur & Industri Budiarsa Sastrawinata, Kategori Penegakan Demokrasi dan Konstitusi Prof. Dr. Arief Hidayat, Kategori Pejuang Demokrasi Dr. Akbar Faizal, Kategori Penegakan Hukum Albertina Ho, dan Kategori Inspirasi Generasi Muda Veddriq Leonardo.


Anggota Terkait :

Dr. AHMAD BASARAH, S.H., M.H.