image

Ahmad Basarah: Megawati Diminta Jadi Juri Zayed Award Untuk Persaudaran Kemanusiaan Bermarkas di Abu Dhabi

Jumat, 06 Oktober 2023 18:47 WIB

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuahgan yang juga Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah menjelaskan bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan sekaligus Presiden kelima Republik Indonesia, Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri, terpilih menjadi satu dari enam anggota komite hakim Zayed Award untuk Persaudaraan Umat Manusia (Human Fraternity). Megawati adalah perempuan dari asia tenggara pertama yang dipercaya organisasi internasional dan independen ini, yang memberi apresiasi atas kerja-kerja individu maupun organisasi di seluruh dunia yang mendorong persaudaraan antarumat manusia.

‘’Kami telah membaca banyak aktivitas Ibu Megawati Soekarnoputri yang diliput oleh media internasional, terutama di Timur Tengah. Perhatian yang besar Ibu Mega kepada kepentingan Perempuan secara khusus, dan kepada kepentingan kemanusiaan secara umum, menjadi catatan kebanggaan kami untuk mengajak beliau menjadi salah satu juri penghargaan bergengsi ini,’’ tutur Muhammad Abdulsalam, Sekjen Zayed Award, saat bertemu Megawati Soekarnoputri di kediaman Jl. Teuku Umar, Jakarta Pusat, Jumat (6/10).

Menurut Abdulsalam, Zayed Award adalah lembaga independen yang berdedikasi kepada persaudaraan kemanusiaan. Berpusat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, penghargaan ini didedikasikan untuk mengenang dan merayakan dokumen bersejarah tentang Persaudaraan Umat Manusia yang ditandatangani oleh Imam Besar Al-Azhar, Prof. Ahmed Al-Tayeb, dan Paus Fransiskus, di Abu Dhabi, 4 Februari 2019. Penerima award akan menerima hadiah satu juta dolar AS.

‘’Karakter agama-agama adalah mempersaudarakan dan mempersatukan umat manusia. Saya mengajak Ibu Mega untuk menjadi bagian dari deklarasi kemanusiaan ini, agar umat manusia terus hidup secara damai dan berdampingan sambil melawan ekstremisme dan dampak negatifnya,’’ tandas Abdulsalam, yang juga menjabat Sekjen The Muslim Council of Elders atau Majlis Hukama al-Muslimin itu.

Menerima tawaran Abdulsalam, Megawati Soekarnoputri mengaku merasa mendapat kehormatan karena di tengah jutaan perempuan di asia tenggara, ia dipercaya menjadi  juri award internasional yang bergengsi itu. Dia berpendapat kepercayaan ini pasti membanggakan kaum perempuan Indonesia khususnya, dan Asia Tenggara pada umumnya.

‘’Kepentingan perempuan memang menjadi perhatian saya di samping tentunya kepentingan kemanusiaan lainnya. Saya akan menjalani amanah ini dengan sebaik-baiknya, apalagi award ini didedikasikan untuk mendorong persaudaraan antarumat manusia,’’ tutur Megawati, yang dalam pertemuan itu didampingi antara lain oleh Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah, dan Duta Besar Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, Kepala BRIN Tri Handoko Laksono dan Anggota DPR, Andreas Hugo Pareira.

Selain Megawati Soekarnoputri, lima anggota dewan juri Zayed Award lainnya adalah Prefek Emeritus Tahta Suci Dikasteri Gereja Oriental, Yang Mulia Kardinal Leonardo Sandri; Sekretaris Jenderal Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD), Rebeca Grynspan Mayufis; Ketua Komisi Amerika Serikat untuk Kebebasan Beragama Internasional, Rabbi Abraham Cooper; mantan Direktur Jenderal UNESCO dan mantan menteri Bulgaria, Irina Bokova; dan Sekjen Zayed Award sendiri, Muhammad Abdulsalam.

Saat berkunjung ke rumah Megawati di Jl. Teuku Umar, Mohamad Abdulsalam yang juga menjabat senior representative Imam Besar Al-Azhar, Prof. Ahmed Al-Tayeb, itu didampingi oleh Talal Al Mazrouei, Executive Director Human Fraternity; Mohamed Zain Al Majd, Member of the Executive Office of the Muslim Council of Elders; Khadija Kabli, Program Manager Zayed Award for Human Fraternity; dan Mansour Al Remeithi, Chief of Protocol of the UAE's Embassy.


Anggota Terkait :

Dr. AHMAD BASARAH, S.H., M.H.