image

Babak Penyisihan LCC 4 Pilar Provinsi Jambi : Uji pemahaman 4 Pilar menuju 6 Besar

Sabtu, 16 Februari 2013 12:02 WIB

Setelah sehari sebelumnya diberikan pengarahan materi dan kisi-kisi mengenai perlombaan oleh tim pemateri dari Sekretariat Jenderal MPR serta pengundian untuk jadwal bertanding, tibalah saatnya untuk uji pemahaman 4 Pilar diantara para peserta lomba LCC. Bertempat di Asrama Haji Provinsi Jambi, Sabtu 16/2, Peserta lomba Cerdas-Cermat 4 Pilar 2013 untuk Provinsi Jambi yang terdiri dari : SMAN 1 Merangin, SMAN 1 pelepat Ilir, SMAN 1 Batanghari, SMAN 3 Kota Jambi, SMAN Titian Teras HAS, SMKN 1 Kuala Tungkal, SMAN 5 Kota Jambi, SMAN 1 Kota Jambi, SMAN 2 Kota Jambi, SMAN 11 Kota Jambi, SMAN 2 Tebo, SMAN 1 Sarolangun, SMAN 4 Kerinci, SMAN 8 Kota Jambi, SMAN 4 Kota Jambi, SMAN 1 Muaro Jambi, SMAN 1 Tanjung Jabung Timur dan SMAN 2 Sungai Penuh telah siap berkumpul untuk mengikuti perlombaan. Lomba Cerdas-Cermat kali ini tampil dengan format berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana untuk babak yel-yel sudah tidak ada lagi, setiap lomba dibagi menjadi 3 babak. Yang pertama menjawab soal tematik, kemudian satu lawan satu dimana setiap siswa tampil ke depan secara bergantian untuk rebutan menjawab pertanyaan  dan yang terakhir babak menjawab benar atau salah yang masing-masing siswa ikut berpartisipasi dalam menjawab soal dengan menggunakan sebuat alat. 

Tepat pukul 08.30 WIB lomba untuk penyisihan pertama dimulai. Tampil sebagai juri dalam babak penyisihan ini yaitu Dra. Selfi Zaini, Drs. Aip Suherman, Herman Yusuf, B.Ac, Agus Subagyo, S.S., M.IR serta Haris Purwa P, SH yang bergantian menjadi juri untuk masing-masing babak penyisihan, sedang pembawa acara kali ini dibawakan oleh Resa Aruan, Anita Mae dan Lisa.  

Dibabak penyisihan 1 menampilkan SMAN 1 Merangin, SMAN 1 Pelepat Ilir dan SMAN 1 Batanghari, di lomba ini SMAN 1 Pelepat Ilir berhasil mengumpulkan poin terbanyak di akhir pertandingan dengan mengumpulkan 171 poin disusul SMAN 1 Merangin dengan 153 poin ditempat kedua dan SMAN 1 Batanghari ditempat ketiga dengan 118 poin. Dibabak penyisihan 2, kali ini giliran SMAN 3 Kota Jambi, Juara Nasional di tahun 2011 yaitu SMAN Titian Teras HAS dan SMKN 1 Kuala Tungkal yang bertanding. Sampai pada babak satu lawan satu terlihat SMAN 3 Kota Jambi berada diposisi teratas dalam pengumpulan nilai. Hingga pada babak menjawab benar salah selesai,  SMAN 3  Kota Jambi tak terkejar hingga  berhasil mengumpulkan nilai 204. Kemudian disusul SMAN Titian Teras HAS diposisi kedua dengan 185 poin dan peringkat ketiga diduduki SMKN 1 Kuala Tungkal dengan 131 poin. Meski SMAN Titian Teras Has ikut berlomba lagi di tahun ini, hal tersebut tidaklah menyiutkan nyali siswa dari SMAN 3 Kota Jambi. Nadira salah satunya, dia mengungkapkan bahwa tim yang dulu menang sekarang sudah kelas tiga dan tidak ikut berlomba dan juga format lomba sekarang ini sudah berbeda. “Kita optimis dengan masing-masing siswa belajar materi keseluruhan dan siswa Titian Teras berbeda orangnya sekarang”, ujarnya.  

Pada babak penyisihan 3 terjadi persaingan di Kota dimana setelah diadakan undian kemarin, mengharuskan SMAN 5 kota Jambi berhadapan dengan SMAN 1 kota Jambi dan SMAN 2 Kota Jambi. Persaingan ketat terjadi dilomba ini dimana pada babak tematik terjadi nilai yang sama antara SMAN 1 dan SMAN 2 Kota Jambi. Serta sampai babak satu lawan satu selesai SMAN 5 dan SMAN 2 hanya tertinggal sedikit saja dari SMAN 1 Kota Jambi. Namun dibabak benar atau salah SMAN 1 Kota Jambi  dengan penguasaan materi yang baik dan penuh percaya diri dari para siswanya, berhasil menjawab jawaban yang tepat lebih banyak dibabak ini hingga keluar sebagai pemenang dengan raihan nilai 182 disusul SMAN 2 Kota Jambi 140 poin dan SMAN 5 Kota Jambi dengan 115 poin diposisi ketiga. 

Setelah rehat untuk istirahat makan siang dan ibadah serta  selingan penampilan dari host Lisa yang menyumbangkan lagu, perlombaan dimulai lagi. Pada babak penyisihan 4 menghadirkan SMAN 11 kota Jambi, SMAN 2 Tebo dan SMAN 1 Soralangin. Diiringi dengan teriakan-teriakan dan tepuk tangan dari para penonton SMAN 1 Sarolangun berhasil unggul tipis dari pesaing terdekatnya SMAN 2 Tebo sampai babak tematik selesai. Namun setelah itu dibabak satu lawan satu, 5 siswa dari SMAN 1 Sarolangun berhasil menjawab soal rebutan dengan benar. Hingga akhirnya dibabak benar salah SMAN 1 Sarolangun berhasil  menyelesaikan lomba dengan raihan nilai tertinggi 199 poin disusul SMAN 2 Tebo dengan 180 poin dan tempat ketiga SMAN 11 Kota Jambi dengan 149 poin.  

Dibabak penyisihan 5, SMAN 8 Kota Jambi berhasil mengamankan satu tiket ke semifinal setelah unggul atas SMAN 4 Kota Jambi dan dan SMAN 4 Kerinci dengan masing-masing nilai 131, 109 dan 99.  
Dibabak penyisihan 6 terjadi perlombaan yang benar-benar menegangkan bagi para peserta maupun penonton. Tampil dalam lomba ini SMAN 1 Muaro Jambi, SMAN 1 Tanjab Timur dan SMAN 2 Sungai Penuh. Hingga Babak tematik selesai menghasilkan nilai masing-masing 75 untuk SMAN 1 Muaro Jambi, 75 untuk SMAN 1 Tanjab Timur serta 70 untuk SMAN 2 Sungai Penuh. Di babak satu lawan satu giliran SMAN 1 Tanjab Timur berhasil mengumpulkan tambahan 30 poin sedang SMAN 1 Muaro Jambi mengumpulkan 15 poin serta SMAN 2 Sungai Penuh berkurang 15 poin. Dengan selisih 15 poin dari SMAN 1 Tanjab Timur, SMAN 1 Muaro Jambi berusaha mengejar di babak benar salah. Lewat kemampuan dan rasa percaya diri siswa SMAN 1 Muaro Jambi, mereka berhasil mengejar selisih menjadi unggul 2 poin hingga soal kesembilan dibacakan.  

Pada saat soal terakhir dibacakan dan seluruh siswa telah menjawab, hampir semua penonton berdiri dan memberikan dukungan bagi mereka. Setelah juri memberikan jawaban yang tepat hingga saatnya menghitung jawaban yang benar antara keduanya. Dan SMAN 1 Muaro Jambi berhasil menambah 10 poin sedangkan SMAN 1 Tanjab Timur hanya menambah 8 poin saja. Dengan demikian SMAN 1 Muaro Jambi berhasil memenangkan babak penyisihan ini dengan total nilai 185 poin disusul SMAN 1 Tanjab Timur dengan 182 poin dan tempat ketiga SMAN 2 Sungai Penuh dengan 127 poin. Setelah lomba ini selesai nampak beberapa siswa dari SMAN 1 Tanjab Timur menangis dan dihibur oleh guru pembimbingnya. Menurut salah satu guru pembimbing SMAN 1 Tanjab Timur, Ika mengungkapkan persiapan dalam menghadapi lomba ini yang dirasa kurang. “ Cuma 2 minggu saja kita mempersiapkan lomba ini”, ujarnya .  

Hingga lomba penyisihan selesai semuanya, maka sekolah yang akan tampil dibabak semifinal keesokan harinya  yaitu SMAN 1 Pelepat Ilir, SMAN 3 Kota Jambi, SMAN 1 Kota Jambi, SMAN 1 Sarolangun, SMAN 8 Kota Jambi dan SMAN 1 Muaro Jambi.