image

Buka SMK Pariwisata dan Perhotelan, Gus Jazil Libatkan Para Pakar UNAIR

Senin, 07 Maret 2022 21:14 WIB

GRESIK – Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Pariwisata dan Perhotelan di Pondok Pesantren Sunanul Muhtadin, Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu, Gresik, Jawa Timur. Saat ini, proses pendaftaran siswa baru sudah dimulai untuk Tahun Ajaran 2022/2023.

Gus Jazil mengatakan, agar SMK Pariwisata dan Perhotelan yang didirikannya benar-benar memiliki kualitas mutu yang tinggi, dalam prosesnya sejak rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan, melibatkan para pakar dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Sebelumnya, pihaknya juga melibatkan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk bersama-sama melakukan pengembangan pendidikan yang berkualitas di Ponpes Sunanul Muhtadin Gresik.

”Ini sesuatu yang baru sehingga butuh bimbingan dan asassement dari Unair yang memang memiliki vokasi di bidang pariwisata. Indonesia ini negara zamrud katulistiwa, ini salah satu potensi yang perlu digali adalah potensi pariwisata. Karena alam sudah disiapkan Allah SWT, kata kuncinya melahirkan SDM yang mampu mengelola,” ujar Gus Jazil di sela Pembukaan dan Pelaksanaan Tes Kompetensi dan Wawancara Calon Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMK Sunanul Muhtadin, Senin (7/3/2022).

Menurutnya, belum banyak SMK jurusan Pariwisata dan Perhotelan yang ada di kompleks pesantren. Karena itu, pihaknya juga membutuhkan dukungan dari masyarakat. ”Ini memang sesuatu yang harus saya perjuangkan dan buktikan makanya saya butuh pendampingan dari Unair supaya bisa terbukti, pesantren pun bisa melahirkan insan-insan pariwisata dan perhotelan, bukan hanya ahli agama saja karena itu bagian dari tuntutan zaman,” katanya.

Dia berharap dengan melibatkan para pakar Unair bisa menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memang memiliki potensi dan integritas, serta spiritualitas pesantren.

Sementara itu, Wakil Dekan II Fakultas Vokasi Unair Imam Susilo mengatakan bahwa ke depan kebutuhan tenaga-tenaga terampil yang memiliki kompetensi unggul di bidang pariwisata dan perhotelan sangat dibutuhkan dunia kerja. ”Tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi unggul sangat dibutuhkan dalam pengembangan pembangunan bangsa ini,” tuturnya.

Imam menuturkan, bahwa kolaborasi yang dilakukan tidak hanya melibatkan Fakultas Vokasi saja, tapi juga fakultas-fakultas lainnya untuk mewujudkan mewujudkan cita-cita besar pembangunan Pesantren Modern Sunanul Muhtadin yang lebih berkualitas.

”Kita melihat peluang kedepan penerimaan devisa negara sangat bergantung pada sektor pariwisata. Dan di seluruh kabupaten/kota di Jatim ini, jarang ada kepala Dinas Pariwisata alumni bidang pariwisata. Ini peluang besar sehingga akan memacu peluang dunia usaha industri pariwisata ke depan,” katanya.

Satu hal yang menarik, dengan adanya kerjasama ini, nantinya lulusan SMK Pariwisata dan Perhotelan Sunanul Muhtadi bisa mengikuti program Fast Track atau Jalur Cepat melanjutkan ke Fakultas Vokasi Unair Surabaya. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. JAZILUL FAWAID, SQ., M.A.