image

Dorong Pengembangan Diri Generasi Muda untuk Tingkatkan Ekonomi Kreatif di Berbagai Daerah

Minggu, 11 Agustus 2024 18:50 WIB

Dorong Pengembangan Diri Generasi Muda untuk Tingkatkan Ekonomi Kreatif di Berbagai Daerah

 

Generasi muda harus mampu mengembangkan diri dengan terus mengasah talenta seni yang dimiliki sehingga mampu membawa ekonomi kreatif di daerah berkembang lebih baik di masa depan.

"Sebagai salah satu sentra ukir terbesar di Indonesia, saya yakin masyarakat Jepara memiliki darah seni yang tinggi. Tinggal bagaimana kita terus mengasahnya agar karya seni yang dilahirkan, termasuk seni musik, bisa diapresiasi oleh kalangan yang lebih luas lagi," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka BISA Fest: Pentas Harmoni Musik Akustik yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Komisi X DPR RI, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) c.q Direktorat Event Daerah di Jepara, Jawa Tengah, Minggu (11/8).

Hadir pada acara tersebut Moh Eko Udyono
(Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Kabupaten Jepara), Mei Edi Setyana (Analis Kebijakan Ahli Madya, Direktorat Event Nasional dan Internasional, Kemenparekraf), H. Pratikno (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jepara),  Mario Alprino Mogot (pegiat musik), dan para musisi peserta BISA Fest di Jepara.

Menurut Lestari yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, Jepara dengan kekayaan potensi seni dan destinasi wisata harus terus mendorong keterlibatan aktif anak muda dalam proses pengembangannya.

Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, saat ini hampir di setiap cafe yang ada di Jepara tidak pernah sepi dari pengunjung.

Kondisi tersebut, jelas Rerie, membuka banyak kesempatan bagi para pegiat seni musik di Jepara untuk mengembangkan bakatnya agar mampu berkiprah di tingkat yang lebih luas lagi.

Para pemangku kepentingan, tegas Rerie, juga harus jeli melihat sejumlah peluang dari beragam talenta di daerah dengan memberikan wadah bagi para pegiat seni untuk bisa berekspresi secara konsisten, sambil terus membangun jejaring.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap kolaborasi yang baik antarpara pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat diwujudkan, dalam mendukung pengembangan talenta seni yang tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. ***


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.