image

Dukung Peningkatan Investasi untuk Dorong Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan

Jumat, 07 Juni 2024 18:00 WIB

Dorong percepatan pengembangan pariwisata nasional melalui dukungan peningkatan investasi yang mampu mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

"Mewujudkan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan memang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, mendorong para investor untuk agar mau berinvestasi di sektor wisata sesuai dengan perencanaan yang ada sangat diperlukan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/6).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan Indonesia membutuhkan investasi di sektor pariwisata berkisar antara Rp244 triliun hingga Rp325 triliun. Investasi itu direncanakan untuk mendongkrak pengembangan sektor pariwisata berkelanjutan.

Capaian investasi sektor pariwisata di Indonesia tahun-tahun sebelumnya selalu mencapai sekitar Rp48 triliun. Namun capaian itu masih berfokus pada sektor perhotelan berbintang, restoran dan pusat kebugaran.

Menurut Lestari, konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan yang diproyeksikan memberi dampak jangka panjang baik terhadap 
lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi itu memerlukan dukungan yang nyata.

Sehingga, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, upaya  menarik minat investor dalam pengembangan sektor pariwisata harus benar-benar diarahkan sesuai dengan perencanaan  yang telah disepakati.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, sangat berharap peningkatan target nilai investasi yang diharapkan dapat direalisasikan, tanpa mengabaikan konsep pengembangan yang berkelanjutan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mendorong agar para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, serta masyarakat mampu mewujudkan proses pembangunan pariwisata yang berkelanjutan di setiap daerah di tanah air.

Dengan begitu, tegas Rerie, sektor pariwisata dapat diharapkan menjadi salah satu tulang punggung pertumbuhan perekonomian nasional pada saat ini hingga masa depan nanti. ***


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.