image

Fadel Kembali ke DPD, Untuk Perjuangkan Aspirasi Daerah

Jumat, 28 April 2023 21:15 WIB

Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengingatkan bahwa  pembangunan  yang dimulai dari daerah lebih menjamin terjadinya pemerataan kesejahteraan. Terbukti sejak digulirkannya dana desa, perkembangan didaerah maju dengan signifikan. Karena itu sudah waktunya  jika pemerintah mengubah pendekatan pembangunan, dari sebelumnya top down menjadi buttom up.

Untuk menambah laju pembangunan dan kesejahteraan di daerah, menurut Fadel sudah sewajarnya jika pemerintah pusat menambahkan jumlah anggaran transfer daerah, menjadi lebih besar dari sebelumnya. Apalagi kebutuhan anggaran pembangunan daerah terus meningkat.

"Saya akan memperjuangkan semangat dan gagasan  ini melalui Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Oleh karenanya, kalau Allah memberi kesempatan, saya akan ikut kembali kontestasi pemilihan anggota DPD pada pemilu serentak 14 Februari 2024. Tadi saya sudah cek kesehatan untuk memenuhi salah satu syarat pendaftaran bagi calon anggota DPD," kata Fadel Muhammad menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan mantan Gubernur Gorontalo dua periode usai melakukan pemeriksaan kesehatan, sebagai salah satu syarat pendaftaran calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dapil Provinsi Gorontalo. Acara tersebut berlangsung di RSUD Dr. M.M. Dunda Limboto, Kabupaten Gorontalo, Jumat (28/4/2023).

Upayanya untuk kembali menjadi anggota DPD, periode 2024-2029 kata mantan menteri perikanan era pemerintahan SBY, itu adalah untuk memperjuangkan aspirasi  daerah, khususnya aspirasi provinsi Gorontalo.  Karena selama ini potensi Gorontalo sebagai daerah pertanian belum dieksploitasi secara maksimal.

"Gorontalo bukan hanya bisa meproduksi jagung secara melimpah, tetapi juga menjadi lumbung pangan nasional bagi bangsa Indonesia. Itulah yang akan saya perjuangkan, pada periode kedua saya sebagai anggota DPD, jika Allah memberi kesempatan, kesehatan dan umur panjang," kata Fadel lagi.

Menyangkut target lembaga DPD yang hendak memperkuat fungsi dan kekedudukannya, menurut Fadel itu bukan pekerjaan mudah. Harus dikerjakan secara bersungguh-sungguh, tidak boleh berputus asa, lantaran pekerjaan tersebut tidak gampang, harus dilakukan dalam rentang waktu yang panjang.

"Itu menyangkut UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, jadi tidak akan mudah, rumit dan berbelit-belit. Yang penting hubungan DPD  dengan DPR harmonis, bisa bekerja bersama dengan baik, dan kami bisa memperjuangkan aspirasi pembangunan di daerah," pungkasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD