image

Fadel Muhammad : MUI dan Ormas Islam Agar Jaga Ukhuwah Islamiyah

Selasa, 19 April 2022 12:39 WIB

Wakil Ketua MPR Prof. D.r Ir. H. Fadel Muhammad meminta Majelis Ulama dan ormas Islam di Provinsi Gorontalo untuk menjaga ukhuwah Islamiyah. Salah satunya melalui kegiatan temu ukhuwah Islamiyah secara rutin yang diselenggarakan MUI untuk mempererat tali persaudaraan antar ormas Islam di Gorontalo.  

“Saya gembira mendengar ukhuwah Islamiyah di Gorontalo bisa dijaga bersama-sama. Ini sangat penting untuk menjaga ukhuwah Islamiyah terlebih di bulan Ramadhan ini,” kata Fadel Muhammad dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR bekerja sama dengan MUI Provinsi Gorontalo, di Hotel Eljie, Gorontalo, Senin (18/4/2022). Sosialisasi Empat Pilar MPR ini juga mengundang berbagai ormas Islam di Gorontalo.  

Kegiatan temu ukhuwah Islamiyah ini merupakan salah satu program dari komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Provinsi Gorontalo. Program ini dilaksanakan untuk menjalin persaudaraan di antara berbagai ormas Islam. Melalui program yang digelar bersamaan dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR itu, maka ukhuwah dan silaturahmi terjalin dengan baik.

Fadel mengapresiasi silaturahmi bersama keluarga besar MUI dan ormas Islam di Gorontalo. Ini sesuai dengan misi Rasulullah, yaitu akhlak yang karim. “Ini (akhlak yang karim) merupakan visi dan misi Rasulullah. Bahkan Allah memuji akhlak Rasulullah. Dan, berbagai ulama menyebut, akhlak yang karim merupakan salah satu kriteria mengapa Allah mengangkat Muhammad menjadi rasul,” katanya.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu mengungkapkan bahwa MPR juga mempunya visi dan misi utama, yaitu mensosialisasikan Empat Pilar MPR. “Tujuannya agar Pancasila menjadi ideologi bangsa kita, UUD NRI Tahun 1945 menjadi konstitusi dalam penyelenggaraan kenegaraan, dalam sebuah Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dan mempererat Bhinneka  Tunggal Ika, meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu,” jelasnya.

Menurut Fadel, Empat Pilar menjadi visi dan misi MPR yang perlu terus dijaga dan diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. “Empat Pilar menjadi fondasi bagi bangsa Indonesia. Karena itu, saya berterimakasih kepada MUI Gorontalo yang bisa melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Hadir dalam acara ini Hana Hasanah Shahab, Ketua Bidang Ukhuwah MUI Gorontalo, Dr. Andries Kango, M.Ag, serta ormas Islam dan MUI kabupaten/kota se-provinsi Gorontalo, juga kepala kantor Kemenag. Dalam kesempatan itu, Fadel Muhammad menyerahkan bantuan kepada MUI Provinsi Gorontalo.###


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD