image

Fadel Muhammad : Tahun Politik Segera Tiba, Jaga Kerukunan Serta Persatuan Dan Kesatuan

Minggu, 30 Oktober 2022 20:41 WIB

Gorontalo,- Wakil Ketua MPR RI, Prof Dr. Ir. Fadel Muhammad melakukan kunjungan dan memberi santunan kepada manula serta  orang jompo yang bernaung di bawah Yayasan Bringin kelurahan Hutuo kecamatan Limboto kabupaten Gorontalo. Acara tersebut berlangsung di Aula Klinik Pratama Ar Rahmah Kelurahan Hutuo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, Minggu (30/10/2022). Ikut hadir pada kesempatan tersebut Lurah  Hutuo Hajaroh Talupe, Ketua Yayasan Bringin Saharu Potutu, serta relawan yang senantiasa membantu penanganan manula dan orang jompo.

Dalam sambutanya,  Fadel Muhammad antara lain mengingatkan masyarakat untuk menjaga kerukunan serta persatuan dan kesatuan. Jangan mudah terhasut dan terpecah belah.  Apalagi, sebentar lagi akan memasuki tahun politik jelang pemilu dan Pemilukada 2024.

"Semua tetap tenang seperti sediakala. Jangan gampang terhasut untuk melakukan aksi kekerasan. Kita harus bisa saling menahan diri, agar kondisi masyarakat tetap kondusif," kata Fadel menambahkan.

Bila kondisi, sosial dan politik stabil, menurut Fadel  sektor ekonomi akan terus bertumbuh. Karena itu, masyarakat harus ikut menjaga agar suasana tetap tenang. Seperti yang selama ini dilakukan pimpinan MPR bersama Presiden Joko Widodo,  menjaga kondisi politik tetap stabil serta kondusif, agar pertumbuhan ekonomi bisa berlanjut.

Fadel juga mengingatkan masyarakat, agar kembali bergairah meningkatkan sektor pertanian dan peternakan. Terlebih, saat ini  mulai terjadi perebutan hasil-hasil pertanian menjadi bahan pangan dan kebutuhan energi.

"Beberapa waktu lalu, saya bertemu direktur Pertamina. Mereka akan memproduksi metanol berbahan jagung. Ini  adalah kesempatan petani Gorontalo dan kita harus mampu menangkap kesempatan tersebut. Apalagi kebutuhan jagung yang diperlukan mencapai lebih dari satu juta ton," ungkap Fadel.

Saat menjadi Gubernur pertama Gorontalo, Fadel dikenal sebagai sosok yang sukses meningkatkan sektor pertanian dan peternakan di daerahnya. Saat itu, Fadel mampu mendongkrak kesejahteraan petani melalui produksi jagung. Ia membantu petani dengan permodalan, pupuk serta penjualan. Fadel juga menyediakan  tenaga pendampingan petani, mengantisipasi kemungkinan gagal panen. Fadel  juga mampu meningkatkan produksi ternak serta perikanan, sehingga menjadikannya sebagai salah satu gubernur yang berhasil membangun daerahnya.

Pada kesempatan, itu Fadel juga menyampaikan keprihatinannya terhadap bencana banjir yang selalu menimpa Kelurahan Hutuo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, disetiap musim penghujan datang. Fadel berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang ingin wilayahnya terhindar dari bencana banjir.

"Saya akan mintakan pak Bupati dan Gubernur memperhatikan keluhan banjir ini. Apalagi banjir sedalam satu meter lebih, itu juga merendam rumah para orang jompo. Mudah mudahan pemerintah bisa membuatkan tanggul, bukan hanya mengeruk, karena posisi sungai memang berada di bawah permukaan air danau yang ada di dekat sini," pungkas Fadel Muhammad.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD