image

Fadel Muhammad: Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Mendorong dan Mewujudkan Ketahanan Pangan Di Desa

Minggu, 09 April 2023 07:59 WIB

Bone Bolango - Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa salah satu indikator tercapainya  kesejahteraan bangsa Indonesia adalah, terwujudnya ketahanan dan kemandirian pangan di desa-desa sebagai ujung tombak pembangunan nasional.

Untuk itu, seluruh elemen bangsa terutama pemerintah daerah maupun pusat harus berupaya keras mendorong, mendukung hingga terwujudnya ketahanan dan kemandirian pangan di desa.

Hal tersebut disampaikan Fadel Muhammad saat menghadiri dan menjadi narasumber Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023 Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, di Gedung BPSDM Provinsi Gorontalo, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Sabtu (8/4/2023).

Dalam membangun ketahanan pangan desa, mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini menjabarkan, perlu ada beberapa yang perlu diperhatikan. Antara lain, Orientasi desa harus pada peningkatan produksi (produktivitas yang tinggi dan berkesinambungan).

Selanjutnya, Dana desa ditempatkan sebagai stimulan untuk mempercepat peningkatan status menjadi desa mandiri, Manajemen desa harus  modern, efektif dan berorientasi kerja - perlu terus belajar dan benchmaking, Penggunaan teknologi yang sesuai dan Pengembangan SDM/ masyarakat desa secara berkesinambungan.

"Ada satu hal lagi yakni, perlu adanya insentif yang bagus buat desa-desa yang berhasil mandiri.  Dulu, saat saya menjabat Gubernur program insentif itu ada. Sekarang tidak ada atau dihapuskan. Banyak masyarakat desa yang mengeluh soal itu. Semestinya, pemerintah daerah atau Kepala daerah memperhatikan hal itu. Sebab, insentif ini sangat penting sebagai penghargaan dan stimulus agar menjadi lebih baik lagi," ungkap Senator asal dapil Provinsi Gorontalo ini, dalam keterangannya kepada wartawan usai acara.

Workshop yang mengangkat tema 'Pengelolaan Keuangan Desa yang Akuntabel dalam Rangka Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi Desa (Ketahanan Pangan) yang Berkelanjutan' ini dihadiri Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Raden Suhartono, Kadin Ketahanan Pangan Prov. Gorontalo Sutrisno dan Kabid Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil Dirjen Perbendaharaan Prov. Gorontalo Atik Dwi Utami

Turut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Bone Bolango Ishak Ntoma dan 200 orang Kepala Desa/Kelurahan, Camat, dan OPD terkait di lingkup Kabupaten Bone Bolango.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD