image

Fadel Muhammad: Empat Pilar Harus Menyatu Dalam Diri Rakyat Indonesia

Kamis, 28 Oktober 2021 21:30 WIB

Gorontalo - Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan bahwa Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) adalah nilai-nilai luhur bangsa yang harus ada menyatu kuat dalam diri setiap rakyat Indonesia dan menjadi karakter dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Ini sangat penting saya tekankan, sebab Indonesia adalah negara yang sangat besar, yang dihuni bermacam suku bangsa. Keberagaman sangat besar ini perlu diikat kuat oleh nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar," katanya, saat hadir dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR dengan Yayasan Cahaya Madani (YCM), di ruang serba guna Kantor Desa Tabongo Barat, Gorontalo, Kamis (28/10/2021). Hadir dalam acara tersebut, anggota MPR dari Kelompok DPD daerah Gorontalo Abdurrahman Abubakar Bahmid, Ketua YCM Supardi Liu, Kepala Desa Tabongo Barat Hairudin Umar, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar sebagai peserta.

Melihat pentingnya Empat Pilar MPR bagi anak bangsa, Fadel Muhammad mengungkapkan, MPR gencar melakukan sosialisasi pemahaman Empat Pilar kepada seluruh elemen bangsa di seluruh wilayah Indonesia seperti akademisi perguruan tinggi, kalangan birokrat, partai politik, ormas, organisasi agama dan masyarakat umum.

"Sambutan masyarakat, dari pengalaman saya pribadi saat melakukan sosialisasi sangat antusias.  Intinya, rakyat menginginkan negara ini utuh, rakyatnya selalu bersama dalam wadah NKRI.  Makanya, segala upaya untuk memperkuat keutuhan negara ini sangat didukung dalam bentuk partisipasi aktif sebagai peserta," ujar mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini.

Pemerintah saat ini, dikatakan Fadel, juga sangat mendukung Empat Pilar ini dengan berbagai kebijakan dan kegiatan yang mengarah kepada upaya menjaga persatuan kesatuan bangsa. Salah satu bentuk nyatanya adalah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.  "Upaya pemerintah ini sangat luar biasa dan saya apresiasi. Tujuan besarnya adalah mempersatukan masyarakat Indonesia dalam satu kegiatan besar bersama. Apalagi dilakukan di Papua, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia masih utuh, tidak tergoyahkan dan kuat persatuannya," tambahnya.

Dengan memegang teguh nilai luhur bangsa, lanjut Fadel, sinergitas pemerintah dan rakyat  telah berhasil berjuang keras menghadapi pandemi Covid-19, serta berhasil melandaikan kasus terinfeksi virus dan terus turun, hingga masyarakat bisa kembali menjalankan kegiatannya untuk mengembalikan perekonomian yang luluh lantak akibat Covid.

"Tapi, perjuangan belum usai, pandemi masih ada. Untuk itu, saya mengajak, ayo seluruh elemen bangsa untuk tetap bersama dengan berpegang teguh kepada Empat Pilar, menghadapi semua masalah bangsa saat ini dan tantangan masa depan untuk meraih cita-cita meraih kesejahteraan bersama," pungkasnya.###


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD