image

Fadel Muhammad: Jaga dan Tingkatkan Kapabilitas Diri Kunci Raih Kesuksesan Di Usia Muda

Kamis, 09 Maret 2023 05:32 WIB

Gorontalo - Meraih kesuksesan dalam hidup adalah impian setiap orang. Terutama untuk generasi milenials. Namun, untuk meraihnya perlu perjuangan dan konsistensi diri.  

Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa kunci meraih kesuksesan di usia muda adalah memunculkan, menjaga dan meningkatkan kapabilitas diri, lalu sinergikan dengan perjuangan atau upaya keras dan konsisten untuk mendapatkannya.

"Kesuksesan adalah sebuah perjalanan bukan tujuan akhir. Ini membutuhkan proses. Jadi, jangan berharap dan berkhayal kesuksesan bisa diraih secara instan," ujar Fadel Muhammad, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dengan Aliansi Mahasiswa dan Pelajar Kawasan Paguyaman Raya Gorontalo (AMPKPR-G), di Desa Kramat, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (8/3/2023).

Hadir dalam kegiatan, Pimpinan DPRD Bone Bolango Amran Mustapa, Staf Khusus MPR Hasan Shahab, Kepala Desa Kramat Mohamad Yamin Podungge, Pimpinan dan anggota AMPKPR-G serta generasi muda sekitar sebagai peserta.

Diutarakan Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini,  kesuksesan yang instan itu memang ada, tapi karena pondasi yang tidak kuat, maka akan berpotensi merusak dirinya sendiri atau merugikan orang lain.

"Ingat kata saya, Jangan andalkan yang instan itu. Fokus saja ke tujuan. Sebab, ketika kemampuan diri kita ada, kesempatan besar akan datang.  Tapi, jika kemampuan tidak ada, tidak akan ada kesempatan. Maka dari itu kalian para milenials, mulailah meningkatkan kapabilitas kalian.  Rajin belajar adalah langkah awal dalam upaya peningkatan kapabilitas itu," jelasnya.

Peningkatan kapabilitas diri, lanjut Fadel Muhammad, bukan hanya dari sisi penguasaan IPTEK, tapi juga karakter dan jati diri sebagai manusia dan warga negara Indonesia.  Dua hal ini harus ada dan menyatu serta saling melengkapi

"Untuk itu mulai sekarang, kalian harus mengenal dan implementasikan nilai- nilai luhur bangsa yang menjadi bagian dari Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika). Caranya, dengan rajin belajar untuk mendapatkan wawasan seputar Empat Pilar. Selain itu, sebenarnya masih banyak cara untuk memperoleh wawasan tentang Empat Pilar.  Salah satunya, dengan mengikuti dan menjadi peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR," tandasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD