image

Fadel Muhammad: Membangun Bangsa Harus Berpedoman Kepada Empat Pilar

Kamis, 07 September 2023 21:32 WIB

Gorontalo - Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir  H. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa sebagai negara besar,  Indonesia memiliki Empat Pilar MPR yakni, nilai-nilai luhur bangsa dan peraturan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Termasuk dalam Empat Pilar itu adalah, Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.  Nilai-nilai luhur dan peraturan tersebut bukan hanya ditujukan  sebagai pedoman untuk memunculkan karakter dan jati diri bangsa, tapi juga pedoman dalam membangun bangsa.

"Ketika penguasa berpedoman pada Empat Pilar dalam menjalankan pemerintahannya, maka semua kebijakan yang keluar akan juga sesuai dan seiring sejalan dengan Empat Pilar," ujar Fadel Muhammad, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar kerjasama MPR dengan GMNI Kota Gorontalo, di kompleks kantor Kelurahan Pilolodaa, Kecamatan Kota Barat, Gorontalo, Kamis (7/9/2023).

Secara gamblang, Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo ini memberi penjelasan bahwa menjalankan Pancasila saja sebagai satu bagian dari Empat Pilar secara konsisten, maka membangun bangsa akan terasa lebih ringan.

Sebab, dalam Pancasila ada kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, lalu memperlakukan manusia secara beradab, tidak memandang perbedaan suku, agama dan ras,  penuh keadilan dan dalam mengambil keputusan mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat.

"Itu baru menjalankan Pancasila. Jika ketiga pilar lainnya diimplementasikan maka akan lebih sempurna lagi hasilnya," jelas mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini.

Begitu pentingnya Empat Pilar bagi pembangunan karakter anak bangsa dan bagi terlaksananya pembangunan nasional, lanjut Fadel Muhammad, membuat negara melalui Undang-Undang memberikan amanah kepada MPR untuk melakukan Sosialisasi Empat Pilar dengan berbagai metode kepada seluruh elemen masyarakat.

"Itulah yang menjadikan Sosialisasi Empat Pilar ini menjadi salah satu tugas MPR selain beberapa tugas dan kewenangan MPR lainnya yang luarbiasa, antara lain melantik Presiden dan Wapres RI serta merubah dan menetapkan konstitusi atau UUD," tandasnya.

Berbicara tentang pelaksanaan pembangunan nasional saat ini, Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa sejauh ini pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi berhasil menaikkan perekonomian nasional secara signifikan.

"Kami sebagai perwakilan rakyat berupaya terus menjadi penyeimbang dan pengingat pemerintah agar pembangunan yang dilaksanakan sesuai koridor Empat Pilar, demi kepentingan bangsa dan negara serta kesejahteraan rakyat," katanya.

Satu lagi, kepada masyarakat, Fadel Muhammad menyampaikan bahwa untuk memastikan pembangunan nasional ke depan lebih terarah, terfokus dan berkesinambungan, bersama berbagai elemen bangsa seperti para akademisi perguruan tinggi, tokoh nasional, para pakar ketatanegaraan, MPR saat ini sedang menggodok dan mengkaji munculnya haluan negara atau Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

"Munculnya PPHN akan menjadi panduan dan pedoman yang mempermudah pemerintah dalam pembangunan nasional.  Sekali lagi dengan PPHN, negara akan memastikan pembangunan nasional akan berdampak baik buat seluruh rakyat tanpa kecuali," tandasnya.

Kegiatan sosialisasi sendiri berlangsung lancar. Hadir dalam acara tersebut, istri Fadel Muhammad Ibu Hana Hasanah Shahab, Lurah Pilolodaa Warni Panu, Ketua GMNI M.Zulkifli Usman dan seluruh anggota GMNI Kota Gorontalo serta masyarakat sekitar sebagai peserta .


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD