image

Fadel Muhammad: Perencanaan Pembangunan Yang Salah Berpengaruh Buruk Buat Perekonomian Daerah

Kamis, 22 Desember 2022 06:35 WIB

Gorontalo - Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa kesejahteraan rakyat suatu daerah tergantung dari peningkatan laju pertumbuhan perekonomiannya.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi bisa dicapai, jika perencanaan pembangunannya berkualitas dan terarah.  Sebaliknya, jika perencanaan salah maka akan berdampak buruk buat perekonomian daerah.

"Pemimpin daerah di seluruh Indonesia harus memperhatikan hal itu dengan baik. Ketika terpilih menjadi pemimpin, rencanakan dan laksanakan semua pembangunan untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat," katanya, dalam kunjungan kerjanya ke Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, Rabu (21/12/2022).

Turut hadir dalam acara, Ketua BPS Provinsi. Gorontalo Mukhamad Mukhanif dan jajaran, perwakilan  Dinas Pertanian, Kominfo dan Bapeda Provinsi Gorontalo.

Dikatakan Fadel Muhammad, memang tidak mudah bagi seorang pemimpin daerah berupaya keras menghilangkan kemiskinan dan mensejahterakan rakyatnya. Seperti Gorontalo sebuah daerah yang potensi ekonominya sangat besar, tapi memang kemiskinan masih saja ada dengan berbagai sebab, salah satunya pandemi Covid -19 yang meluluh lantakkan perekonomian Indonesia.

“Saya bertemu dengan banyak orang, mereka mengeluh situasi ekonomi Gorontalo. Daya beli masyarakat menurun. Setelah lihat datanya BPS, ternyata memang benar apa yang dikeluhkan rakyat kepada saya.  Namun, saya yakin dengan niat tulus mengabdi kepada rakyatnya, semua kesulitan akan dimudahkan," tambahnya.

Fadel Muhammad kemudian berbagi kisah.  Ketika ia menjabat Gubernur Gorontalo, yang paling diperhatikan adalah data-data statistik soal rakyat terutama data rakyat miskin dan bagaimana cara lebih mensejahterakan mereka. Fadel lalu membuat semacam perencanaan program untuk rakyat yakni, peningkatan sumber daya manusia (SDM), Pertanian, lalu Perikanan dan Kelautan.

"Ketika program sudah direncanakan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah seluruh anggaran difokuskan ke sana. Alhamdulillah, walaupun sangat sulit kami berhasil menurunkan tingkat kemiskinan secara signifikan. Dan bersyukur atas usaha itu, saya diganjar penghargaan tingkat nasional dan global yakni penghargaan dari UNDP karena berhasil menurunkan kemiskinan dua sampai tiga digit," ungkap Fadel.

Fadel berharap Gorontalo ke depan bisa meminimalisir kemiskinan secara drastis. "Kita berharap kepada Gubernur Gorontalo hasil pemilu nanti bisa mewujudkannya," pungkasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD