image

Final LCC 4 Pilar Provinsi Sulawesi Barat : SMAN 3 Polewali Mandar Pantas Jadi Juara

Minggu, 29 Juli 2012 21:42 WIB

Luar biasa...ini baru namanya final, ujar Didi Irawadi anggota MPR RI dari fraksi partai Demokrat yang sekaligus sebagai juri dalam babak final LCC 4 pilar seleksi Provinsi Sulawesi Barat. Melihat penampilan peserta dalam final tersebut, Didi sangat terkesan terhadap kemampuan para siswa dalam memahami 4 pilar tersebut. Tampil dalam babak final tersebut yaitu SMAN 3 Polewali Mandar, SMAN 1 Sendana dan SMAN 1 Wonomulyo. Dalam final yang berlangsung hari Minggu 29/7 di hotel Srikandi Mamuju, SMAN 3 Polewali Mandar berhasil menjadi juara dengan mengumpulkan 130 poin. Begitu soal babak rebutan habis dibacakan semuanya oleh host Aida dan Joan, langsung saja siswa-siswi dari SMAN 3 Polewali Mandar bersujud syukur atas kemenangan mereka. “Gembira dan senang”, ujar Idham salah satu siswa dari SMAN 3 Polewali Mandar sesaat setelah perlombaan. Dimana di tahun sebelumnya sekolah mereka hanya sampai semifinal saja. Untuk tahun ini persiapan kita sudah sejak dari bulan puasa tahun kemarin, imbuhnya. Untuk pemenang kedua dalam babak final ini di raih oleh SMAN 1 Sendana dengan 95 poin sedangkan tempat ketiga diaraih oleh SMAN 1 Wonomulyo dengan 55 poin.

Di babak tematik atau menjelaskan SMAN 3 Polewali Mandar berhasil menjawab sempurna sehingga dewan juri memberikan nilai 25, sedangkan SMAN 1 Sendana karena menjawab kurang sempurna, oleh juri diberikan nilai 20, dan SMAN 1 Wonomulyo juga berhasil menjawab dengan sempurna sehingga memperoleh nilai 25. Pada babak menjawab benar atau salah terjadi persaingan yang ketat dimana masing-masing sekolah berhasil menjawab dengan benar 5 soal yang diberikan sehingga mengumpulkan tambahan nilai 50 untuk tiap sekolah. Hingga babak ini selesai perolehan nilai masih sangat ketat dimana SMAN 3 Polewali Mandar mengumpulkan 75 poin, SMAN 1 Sendana 70 poin dan SMAN 1 Wonomulyo 75 poin. Dukungan dan teriakan suporterpun terdengar sangat ramai memeriahkan lomba ini. Hal tersebut dikarenakan siswa yang sudah kalah mendukung sekolah yang masih satu kabupaten dengan siswa tersebut, sehingga tampak bergantian tepuk tangan jika tim yang mereka dukung berhasil menjawab dengan benar soal yang diberikan. Dibabak rebutan terjadi pengumpulan nilai yang sangat ketat, masing-masing regu berusaha untuk menekan bel lebih dulu, meski soal belum selesai dibacakan. Dibabak ini SMAN 3 Polewali Mandar berhasil menjawab 6 soal dengan benar dan 1 soal yang salah sehingga mendapat tambahan nilai 55, sedang SMAN 1 Sendana berhasil menjawab 4 soal dengan benar namun 3 kali menjawab salah sehingga hanya menambah 25 poin di babak ini. Untuk SMAN 1 Wonomulyo karena terlalu percaya diri dengan jawaban mereka sehingga sering soal belum selesai dibacakan sudah berusaha menerka jawabannya sehingga pada babak rebutan ini 8 kali menjawab salah dan hanya 2 kali saja menjawab dengan benar dan malahan berkurang 20 poin di babak ini.

SMAN 3 Polewali Mandar maju ke final setelah sebelumnya di babak semifinal mengalahkan SMAN 1 Pasang Kayu dan SMAN 2 Majene, sedang SMAN 1 Sendana yang sebelumnya lolos ke semifinal karena menjadi peringkat kedua terbaik di babak penyisihan kembali maju ke final setelah mengalahkan SMAN 1 Wonomulyo dan SMAN 1 Polewali. Namun SMAN 1 Wonomulyo kembali maju ke final setelah berhasil menjadi peringkat kedua terbaik dibabak semifinal.

Tim juri yang bertugas dalam babak final tersebut yaitu Didi Irawadi Syamsuddin, SH, LL.M anggota MPR RI dari fraksi partai Demokrat, Elnino M. Husein Mohi, ST, M.Si anggota MPR RI dari kelompok DPD serta Drs. H. Mustamin dari Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Barat.

Dengan demikian SMAN 3 Polewali Mandar akan mewakili Provinsi Sulawesi Barat untuk tampil di putaran final di Jakarta bersama dengan 32 wakil Provinsi lainnya.