image

HNW Ajak Pesantren Alumni Gontor Untuk Lanjutkan Berkontribusi Membela Umat,Bangsa dan Negara

Selasa, 07 Maret 2023 09:25 WIB

Dihadapan ratusan Pimpinan Pondok Pesantren alumni Gontor, Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA., atau HNW mengajak para Pimpinan Pesantren dan Santrinya untuk melanjutkan peran mensejarah Pesantren dengan terus aktif peduli dan lebih berkontribusi membela dan memperjuangkan kemaslahatan umat,bangsa dan negara. Hal yang dulu sudah dilakukan oleh   ulama, kyai dan santri. Termasuk pendiri,  pimpinan dan pengurus serta para santri Pondok Pesantren Modern Darussalam
Gontor.

HNW mengingatkan bahwa salah satu spirit yang melatarbelakangi berdirinya Pondok   Modern Darussalam Gontor keinginan berkontribusi menghadirkan solusi, karena saat itu, sulit mencari  utusan yang menguasai Bahasa Arab dan Inggris untuk hadiri konggres di Mekah setelah runtuhnya khilafah Turki Utsmani. Kesaksian itu disampaikan KH. A. Sahal, pada  saat hadiri konggres Umat Islam, di Surabaya. Dan KH. A. Sahal adalah salah satu dari tiga serangkai pendiri Pondok   Modern Darussalam Gontor.

“Sejak Awal Trimurti (pendiri Pondok   Modern Darussalam Gontor) terobsesi dan menghendaki berdirinya pondok pesantren modern yang berkeunggulan, bukan pondok yang biasa-biasa saja. Tetapi  pondok dan para santrinya yang hebat, memiliki berbagai keunggulan, bukan hanya bisa berkomunikasi dengan lokal tetapi juga bisa bermanfaat ditingkat global,” kata Hidayat Nur Wahid menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan HNW  pada   Sarasehan Pimpinan Pondok Alumni Gontor Se-Indonesia Bersama Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor. Acara tersebut berlangsung di Pondok   Modern Darussalam Gontor, Minggu (5/3/2023). Turut hadir pada acara tersebut, Pimpinan Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor dan Pimpinan Forum Pesantren Alumni Gontor.

Pada zaman perjuangan kemerdekaan RI, pengasuh dan pimpinan Pondok   Modern Darussalam Gontor menurut Hidayat, tidak hanya berdiam diri di Pondok. Selama era perjuangan fisik dan sesudahnya, santri dan kyai Pesantren Gontor terlibat aktif membersamai perjuangan bangsa mempertahankan Indonesia Merdeka. Sebagaimana ditunjukkan oleh KH. R. Imam Zarkasyi,  salah satu Trimurti pendiri Pondok Gontor, yang saat itu turut aktif mempersiapkan dan menggembleng  laskar Hizbullah di Bogor. Juga KH. Idham Kholid alumni Gontor generasi pertama yang pernah menjadi Wakil Perdana Menteri,ketua Partai dan Ketua MPR/DPR.

“Ketika terjadi pemberontakan PKI, baik pada tahun 1948 maupun 1965, pesantren Gontor menjadi target dan korban. Maka para Kyai dan santri ikut melakukan perlawanan, bekerjasama   dengan TNI dan lainnya menggagalkan makar PKI, menyelamatkan ideologi Umat, Bangsa dan Negara,” ungkap  alumni Gontor yang pernah menjadi Ketua MPRRI periode 2004-2009.

Pilihan sikap yang diambil Pesantren Gontor, itu menurut HNW sesuai dengan teladan  yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para Khulafa Rasyidin seperti Umar bin Khaththab RA, sikap yang sangat relevan dan diperlukan oleh Umat, Bangsa dan Negara. 
Jelang satu abad pesantren Gontor pada 20 september 2026,  kata HNW patut di tegaskan bahwa posisi pesantren Gontor memang tidak berpolitik praktis. Tetapi para alumninya tetap penting meneruskan cita-cita para pendiri pondok, terus membersamai membela kepentingan umat, bangsa dan negara. Alumni Gontor bisa ada di mana-mana, termasuk ormas dan parpol, mencintai umat,bangsa dan negaranya, dengan hadirkan Santri2 unggulan yang bisa melakukan peran “mundzirul qaum”(pemberi pencerahan bagi warganya) dalam makna yang seluas-luasnya, dengan ethika tinggi yang diajarkan di Pesantren.

“Alumni Pesantren Gontor dan Pondok2 Pesantren yang didirikan alumni, penting benar menghayati sejara Pondok dan sekaligus hymne Pondok Gontor, yang luar biasa mengajarkan dan menginternalisasi cinta Pesantren dan cinta Bangsa dan Negara, yang bahkan sama disebut sebagai Ibu, sebagaimana Ibu kandung. Itu harus menjadi bagian dari tradisi dan spirit besar untuk lanjutkan berkontribusi mewujudkan cinta kepada Umat Bangsa dan Negara sebagaiamana cinta parw Santri kepada Ibu kandung mereka masing2, untuk menjaga dan menyelamatkan  Indonesia dengan cita2 proklamasi maupun reformasinya. Begitulah seharusnya dunia Pesantren Gontor memaknai seratus tahun Gontor untuk menyongsong peringatan 100 tahun Indonesia Merdeka, Indonesia emas pada tahun 2045,” pungkasnya.


Anggota Terkait :

Dr. H. M. HIDAYAT NUR WAHID, M.A.