image

HNW Dorong Masyarakat Memberdayakan Ekonomi Warga

Rabu, 23 Maret 2022 18:39 WIB

Jakarta,-Wakil Ketua MPR-RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA, mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu memberdayakan ekonomi warga, sebagai bagian dari upaya merealisasikan cita-cita para pendiri bangsa. Harapan  itu disampaikan Hidayat dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR-RI. Acara yang digelar berkat kerjasama MPR dengan  Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi Kader (BPJE) DPD PKS Jakarta Selatan beserta para penggerak ekonomi kerakyatan, itu berlangsung Rabu (23/3/2022).

“Sejak awal  Founding Fathers yang terhimpun dalam Panitia Sembilan menyepakati  cita-cita  Indonesia merdeka adalah menjadi makmur, sebagaimana tercantum dalam alinea kedua Pembukaan UUD NRI 1945,” ujar Hidayat.

Makmur artinya berdaya secara ekonomi dan sejahtera secara materi. Dan kemakmuran merupakan salah satu pilar yang akan menghadirkan dan menjaga kemerdekaan Indonesia. Pria yang akrab disapa HNW ini menambahkan, dalam alinea keempat bahkan secara jelas disebutkan bahwa salah satu tujuan didirikannya negara Indonesia adalah untuk memajukan kesejahteraan umum.

“Artinya, sebagai warga yang turut memperjuangkan pemberdayaan ekonomi masyarakat, di saat yang sama juga sedang melaksanakan amanat konstitusi.  Yakni untuk mencapai salah satu tujuan bernegara,” sambungnya.

Kemakmuran dan kesejahteraan umum,  itu kata HNW pada akhirnya harus mengarah pada upaya mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilaksanakan haruslah berdampak positif kepada masyarakat dan manfaatnya terdistribusi luas. Bukan hanya menguntungkan apalagi memperkaya segelintir pihak saja.

“Oleh karena itu kami mendukung program pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang secara norma dan ideologi telah diperjuangkan sejak awal oleh bapak-bapak bangsa baik itu dari ormas maupun orpol, termasuk dari kalangan Umat Islam,” pungkasnya.


Anggota Terkait :

Dr. H. M. HIDAYAT NUR WAHID, M.A.