image

HNW Serukan Kolaborasi Untuk Mengatasi Pandemi Covid-19

Jumat, 09 Juli 2021 10:31 WIB

 

Jakarta,- Wakil Ketua MPR RI  Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, M.A., mengajak semua pihak bersinergi, bahu-membahu mengatasi Covid-19. Termasuk menggencarkan program vaksinasi bagi masyarakat, dan memanusiakan warga dalam rangka melaksanakan PPKM Darurat.

“Sebagaimana disampaikan Gubernur DKI Anies Baswedan, virus ini tidak membeda-bedakan manusia. Penting bagi kita menghadirkan kolaborasi, kepedulian dan komando dalam melaksanakan strategi mengatasi Covid-19.  Terutama memastikan masyarakat di sekitar kita yang sudah mendapatkan vaksinasi, dan teratasi masalah mereka terkait Covid-19,” demikian disampaikan Hidayat Nur Wahid dalam Kunjungan Dapil via Zoom di SMPN 216 di Senen, Jakarta Pusat, Kamis (8/7/2021).

Kunjungan HNW ke SMPN  216 adalah dalam rangka pelaksanaan vaksinasi, kerja sama antara HNW sebagai Anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II, Israyani, S.P selaku Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS dari Dapil 1 (Jakarta Pusat), Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, S.Sos, M.AP, DPD PPNI Jakarta Pusat, dan puskesmas-puskesmas yang berada di lingkungan Senen, Kemayoran, Tanah Abang, dan Sawah Besar. Vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi 1200-an warga di empat kecamatan Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut,  HNW mengapresiasi  Tenaga Kesehatan yang berpartisipasi, dengan dukungan teknis senilai lebih dari Rp. 50 juta. HNW menerangkan, kerja sama pelaksanaan vaksinasi tersebut merupakan kegiatan  yang sangat penting dalam menghadapi penyebaran Covid-19 varian delta.

“Alhamdulillah Vaksinasi ini berjalan baik berkat kerja sama antara DPR RI, DPRD DKI Jakarta, Walikota Jakarta Pusat, dan PPNI. Kami berterima kasih atas bentuk kerja sama yang baik ini antara eksekutif dan legislatif, warga dengan pemerintah, maupun tenaga kesehatan dengan masyarakat. Ini adalah  contoh kesatuan dan sinergi para anak bangsa dalam mengatasi Covid-19 yang tidak membeda-bedakan korbannya.  Insya Allah kami terus mendukung pelaksanaan vaksinasi, termasuk untuk pelaksanaan suntikan tahap keduanya demi mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di tengah masyarakat kita,” ungkap HNW.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini juga mengingatkan bahaya yang dapat terjadi jika tidak terwujud kesatuan dalam mengatasi pandemi ini. “Jika kita tidak saling berkolaborasi, memaksimalkan kontribusi, dan malah menafikan kegawatdaruratan yang terjadi akibat pandemi, atau pun abai dari ikhtiar untuk melindungi diri sendiri dan masyarakat, tentu akibatnya akan banyak orang yang apatis dan tidak mau membantu mengatasi pandemi. Bahkan menghadirkan kecemasan dan kegalauan yang tidak baik bagi imunitas para warga, yang bisa menjadi pintu terpapar Covid-19,” kata HNW.

HNW mewanti-wanti agar pemerintah bersikap arif dalam pelaksanaan PPKM Darurat saat ini. “Utamakanlah memanusiakan warga kita, terutama masyarakat kita yang kurang mampu. Para warga yang sudah kesulitan ekonomi, ditambah lagi jika keluarganya terkena Covid-19, diberlakukan PPKM darurat pula, tentu tidak arif jika mereka merasa dipersulit, dagangannya masih dirampas pula, atau malah dihardik saat ditertibkan. Tegakkanlah aturan PPKM Darurat ini dengan persuasif dan manusiawi, insya Allah dengan penjelasan dan perlakuan yang manusiawi, masyarakat akan jauh lebih baik dalam menaati peraturan PPKM Darurat secara tertib, dan itu akan ikut menyelesaikan masalah Covid-19 tanpa masalah lain yang menyusahkan warga,” pungkas HNW.


Anggota Terkait :

Dr. H. M. HIDAYAT NUR WAHID, M.A.