image

Ikut Rayakan Lebaran Yatim, HNW: Sepanjang Waktu Kita Harus Peduli Anak Yatim

Minggu, 30 Juli 2023 00:49 WIB

[Jakarta, 29/7] Wakil Ketua MPR-RI, Hidayat Nur Wahid, hadiri undangan Yayasan Darul Rahman di Jakarta Selatan untuk turut merayakan lebaran Anak Yatim yang dilaksanakan pada setiap tanggal 10 Muharram, yang tahun ini bertepatan dengan 28 Juli 2023. HNW sapaan akrabnya dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk terus membantu dan membahagiakan anak yatim, tidak hanya pada hari raya yatim saja.

"Apalagi berdasarkan data Pemerintah, jumlah anak yatim/piatu di Indonesia sekitar 4 juta anak, ini tentu jumlah yang tidak sedikit. Saya terus mendorong agar Negara melaksanakan kewajibannya antara lain hadir peduli dengan membantu anak-anak yatim, secara reguler dan berkelanjutan," disampaikan Hidayat saat merayakan lebaran yatim di Yayasan Yatim Darul Rahman, Jakarta (28/7).

Hidayat yang merupakan Anggota Komisi VIII DPR-RI di antaranya membidangi urusan sosial ini menerangkan, sejak pandemi Covid-19, dirinya telah mendesak Kementerian Sosial, mitra kerja komisi VIII, untuk memasukkan dalam nomenklaturnya program baru yakni bantuan bagi anak yatim/piatu, termasuk yang menjadi yatim/piatu akibat covid 19.

Usulan tersebut akhirnya diterima dan Kemensos sejak tahun 2022 menyalurkan bantuan bagi anak yatim sebesar Rp 200.000/bulan.

"Hanya memang belum semua anak Yatim bisa masuk dalam pendataan program ini. Saya terus menuntut peningkatan kapasitas pendataan, termasuk mengusulkan sejumlah data anak yatim di DKI Jakarta. Agar semakin banyak kewajiban negara dilaksanakan dengan makin banyak anak yatim yang terbantu hingga termotivasi untuk melanjutkan pengembangan diri," lanjutnya.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini menjelaskan, bahwa membantu anak yatim tidak hanya pada hari raya Yatim, karena ajaran Islam yang memedulikan anak yatim, memang tidak membuat pembatasan.

Bahkan orang yang peduli anak yatim kapanpun, disebutkan akan bersama dan dekat dengan Rasulullah saw di surgaNya kelak. Maka dirinya juga membantu anak Yatim sebelum tanggal 10 Muharram, saat peringatan hari raya anak Yatim di Jakarta Selatan, dan di tanggal 12 Muharram juga ikut memberikan santunan kepada anak yatim di Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya pada perayaan hari raya anak Yatim, selain ikut membagikan bingkisan, HNW juga turut memotivasi para anak yatim agar semangat mencapai kesuksesan, karena banyak tokoh Islam yang tumbuh dalam kondisi yatim sejak kecil.

"Rasulullah SAW sejak kecil yatim-piatu, kemudian Imam Syafii dan Imam Bukhari juga merupakan anak yatim, tapi mereka semua bisa sukses di berbagai bidang dan jadi tauladan bagi kehidupan. InsyaAllah dengan motivasi yang tinggi dan dukungan yang memadai dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah, anak-anak yatim di Indonesia juga bisa sukses, bermanfaat bagi bangsa dan negara, menjadi bagian dari bonus demografi positif,” pungkasnya.


Anggota Terkait :

Dr. H. M. HIDAYAT NUR WAHID, M.A.