image

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Kejuaraan Nasional Shokaido Piala Ketua MPR RI

Jumat, 09 September 2022 17:29 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana Pengurus Besar Perguruan Karate Shotokan Kandaga Indonesia (PB Shokaido) menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shokaido Piala Ketua MPR RI pada 24-25 September 2022 di Kinasih Resort Tapos, Depok. PB Shokaido merupakan salah satu perguruan karate yang berada dibawah naungan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI). Ketua Umum PB FORKI kini dijabat oleh Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto

"Setelah tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19, Kejurnas Shokaido akhirnya bisa kembali diselenggarakan, yang pada kali ini akan memperebutkan Piala Ketua MPR RI. Sehingga para atlet bisa kembali berlatih dan bertanding untuk meningkatkan kemampuan mereka. Diperkirakan 700-800 karateka dari berbagai perguruan Shokaido yang tersebar di 27 provinsi di Indonesia akan ikut serta dalam Kejurnas ini. Mereka merupakan karateka terbaik di tiap provinsi, karena telah tersaring melalui Kejurda," ujar Bamsoet usai menerima PB Shokaido, di Jakarta, Jumat (9/9/22).

Turut hadir antara lain, Sekjen PB Shokaido Asril Azhari, Ketua Shokaido DKI Jakarta Rocky Joseph Pesik, Sekretaris Shokaido DKI Jakarta Rio Pantow,
Sekretaris Shokaido Bogor Winda Ayu dan Panitia Kejuaraan Nasional Shokaido Suhendi Akbar.

Ketua DPR RI ke-20 sekaligus mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, kelas yang dipertandingkan dalam Kejurnas Shokaido Piala Ketua MPR RI terbagi dalam beberapa kategori. Pada kategori pertandingan Open Tournament, terdapat kelas pra usia dini dibawah 7 tahun, usia dini 8 dan 9 tahun, pra pemula 10 dan 11 tahun, pemula 12 dan 13 tahun, kadet 14 dan 15 tahun, junior 16 dan 17 tahun, under 21 (18-20 tahun), serta senior 21 tahun keatas. Ditambah Best of The Besar kelas Kadet - Junior, dan U21 - Senior.

"Pada Kategori Pertandingan Festival, kelas yang dipertandingkan antara lain pra usia dini dibawah 7 tahun, usia dini 8 dan 9 tahun, pra pemula 10 dan 11 tahun, pemula 12 dan 13 tahun serta kadet 14 dan 15 tahun," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, para juara Kejurnas Shokaido Piala Ketua MPR RI nantinya akan dikirimkan sebagai wakil PB Shokaido dalam Kejuaraan Nasional PB FORKI. Sekaligus mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Karate SKIF (Shotokan Karate-do International Federation) di Jepang pada tahun 2023.

"Pada Kejuaraan Dunia SKIF tahun 2019 di Republik Ceko, atlet Shokaido Indonesia berhasil membawa dua medali emas dan tiga medali perunggu. Prestasi tersebut diharapkan dapat ditingkatkan pada Kejuaraan Dunia SKIF di Jepang 2023, sehingga nama Indonesia semakin harum dan dikenal oleh berbagai warga dunia," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.