image

Kuliah Umum Di Universitas Pohuwato, Fadel Muhammad: Kualitas SDM Kunci Majunya Sebuah Negara

Selasa, 07 Maret 2023 09:01 WIB

Pohuwato - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di berbagai wilayah di Provinsi Gorontalo, Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad menyempatkan diri menyambangi Universitas Pohuwato untuk memberikan Kuliah Umum kepada para mahasiswa dan mahasiswi lintas fakultas.

Kuliah Umum yang mengambil tema sentral 'Leadership dan Enterpreuneurship' ini di gelar di Aula Universitas Pohuwato, Duhiadaa, Provinsi Gorontalo, Senin (6/3/2023) ini dihadiri Ibu Hana Hasanah Fadel Muhammad, Wakil Rektor I Rusni Djafar dan para dosen.

Kepada para mahasiswa, Pimpinan MPR dari Kelompok DPD Dapil Provinsi Gorontalo ini mengungkapkan bahwa kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah kunci majunya sebuah bangsa.  Dengan SDM yang handal, pengelola negara akan mampu mengelola kekayaan dan potensi  bangsanya semaksimal mungkin untuk kepentingan rakyat.

"Soal SDM ini jangan dianggap enteng. Adik-adik mahasiswa bisa melakukan riset sederhana. Negara sebesar Afrika yang kaya akan sumber daya alam seperti berlian, minyak bumi, batubara. Tapi dengan semua kekayaan itu, Afrika tetap menjadi negara yang jauh di bawah negara kecil minim SDA seperti Belgium yang sangat kaya dengan sumber daya manusia," ujar Fadel Muhammad.

Melihat pentingnya sumber daya manusia, Mantan Gubernur Provinsi Gorontalo dua periode ini menekankan kepada mahasiswa agar serius, rajin dalam menempuh pendidikan di kampus. Sebab, di lembaga pendidikanlah SDM yang unggul bisa tumbuh dan berkembang.

"Pada saat saya menjabat Gubernur Gorontalo, pengembangan SDM menjadi salah satu dari tiga program besar saya selain pertanian dan perikanan/kelautan. Dengan itu (tiga program besar) Alhamdulillah, saya bisa mengelola Gorontalo menjadi lebih baik. Tanpa tiga program besar itu, tidak mungkin mengelola Gorontalo," jelas Fadel Muhammad.

Namun, lanjut Fadel, semua hal baik yang dikerjakan mesti ada generasi penerus agar kebaikan itu berlanjut tanpa henti bahkan lebih.  Generasi muda mahasiswalah yang akan meneruskannya.

"Saya sudah bicara dengan Bupati, Wakil Bupati dan para pejabat Pemkab Pohuwato agar mulai dari sekarang mengembangkan branding daerah.  Saya sampaikan bahwa branding Kabupaten ini adalah pertanian terutama jagung.  Dengan itu, kabupaten ini di masa depan bisa menjadi lumbung pangan provinsi bahkan nasional.  Mudah-mudahan hal ini terwujud dan kalian di masa depan saat kepemimpinan bergeser, bisa melanjutkan bahkan bisa menyempurnakan branding daerah kalian," pungkasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD