image

Lantik PABPDSI 5 Kecamatan di Serang Banten, Yandri Susanto: BPD Harus Seiring Sejalan Dengan Kepala Desa

Senin, 19 Desember 2022 19:25 WIB

Sekitar 160 orang yang datang dari Kecamatan Petir, Tunjung Teja, Pamarayan, Bandung, dan Cikeusal, memenuhi salah satu balai pertemuan di Petir. Mereka yang menggunakan seragam batik itu berada di Petir, Kabupaten Serang, Banten, 18 Desember 2022, untuk mengikuti Pelantikan Bersama Pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI).

Hadir dalam pertemuan itu Wakil Ketua MPR H. Yandri Susanto SPt, Ketua PABPDSI Kabupaten Serang Acep Mahmudin, serta berbagai tokoh masyarakat dan agama. Dalam pelantikan bertema Mempertegas Posisi BPD yang Proffesional dan Bermartabat Menuju Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Lebih Baik, Yandri Susanto mendukung keberadaan organisasi PABPDSI. “Organisasi ini merupakan pilar demokrasi di desa,” ujarnya.

Yandri Susanto yang juga menjadi Dewan Pakar PABPDSI mendorong agar para anggota organisasi itu bertindak dan berkerja secara professional dan bermartabat agar apa yang diinginkan bersama bisa tercapai. “Jika PABPDSI berbuat baik maka akan lahir kebaikan di desa,” ujarnya. Proffesionalisme dan kebaikan yang dilakukan tak hanya akan membuat desa yang dikelola menjadi baik namun warganya juga akan sejahtera. “Maju desanya, sejahtera warganya,” papar Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Kebersamaan menurut pria asal Bengkulu itu menjadi modal utama dalam membangun desa. Oleh sebab itu diharap mereka bekerja sama dengan kepala desa. Didorong agar PABPDSI seiring sejalan dengan kepala desa. “Ini harus,” tegasnya. Ini ditekankan sebab kekompakan antara kepala desa dengan BPD akan membuat warga desa mudah diarahkan sehingga pembangunan yang dituju akan bisa dicapai. “Kalau BPD dan kepala desa tak seiring jalan, nanti rakyatnya akan bingung,” tuturnya. “Hal demikian juga akan membuat pembangunan desa menjadi mundur,” tambahnya.

Kepada mereka yang baru dilantik, diharap mereka bisa langsung bekerja. Menjadi PABPDSI merupakan suatu kebanggaan sebab tidak banyak orang bisa menjadi BPD. “Pegang amanah dalam kerja,” tegasnya. “Maksimalkan proffesionalisme dan berbuat baik sebab hal demikian akan membawa kemajuan bersama,” tambahnya. 


Anggota Terkait :

H. YANDRI SUSANTO, S.Pt.