image

Manfaatkan Peluang Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Secara Bijak dan Kreatif

Selasa, 08 Maret 2022 15:11 WIB

Tingkatkan kreativitas agar dapat terus menggali potensi yang dimiliki negeri ini sehingga masyarakat mampu ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di saat kasus Covid-19 mereda.

"Sejumlah pelonggaran kebijakan mulai dilakukan menyikapi penurunan jumlah kasus Covid-19 di tanah air. Masyarakat harus siap untuk meningkatkan produktivitasnya secara bijak," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/3).

Pemerintah mengumumkan uji coba bebas karantina bagi pendatang dari luar negeri yang tiba di Bali mulai Senin (7/3). Selain itu Pemerintah juga akan meringankan syarat perjalanan dalam negeri hanya dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 lengkap, tanpa menunjukkan hasil negatif swab antigen atau PCR.

Pelonggaran peraturan itu, menurut Lestari, harus disikapi dengan bijak serta kreativitas yang tinggi.

Potensi meningkatnya mobilitas masyarakat yang membuka banyak peluang untuk meningkatkan produktivitas, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, tambah Rerie, merupakan salah satu sektor yang harus segera merespon pelonggaran kebijakan ini dengan produk-produk kreatif yang mampu mengantisipasi potensi peningkatan mobilitas masyarakat.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, berharap kalangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air dapat menghasilkan paket-paket perjalanan wisata yang tetap menerapkan protokol kesehatan dan produk-produk kerajinan kreatif dengan desain-desain menarik.

Menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, upaya mempersiapkan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar mampu melakukan inovasi dengan kreativitas yang tinggi harus terus dilakukan.

Agar peluang dan kesempatan yang datang ketika kasus Covid-19 mereda, tegas Rerie, dapat segera dikonversi menjadi pendapatan lewat berbagai program yang aman dan produk kreatif yang ditawarkan.

Menurut Rerie, kesiapan sejumlah sektor yang mampu meningkatkan kinerja perekonomian nasional harus terus diupayakan.

Diikuti, tambahnya, dengan upaya tiada henti menggali potensi yang ada di berbagai sektor tersebut untuk dikembangkan menjadi sumber-sumber pendapatan baru.

Rerie mengajak semua pihak bersama-sama memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada saat ini secara bijak dan kreatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik. *


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.