image

Penanaman Kembali Lahan Harus Konsisten Dilakukan Demi Lingkungan Hidup yang Lebih Baik

Sabtu, 16 Desember 2023 15:55 WIB

Upaya penanaman kembali pohon di lahan-lahan yang telah dimanfaatkan harus menjadi suatu kebiasaan, agar pelestarian lingkungan hidup dapat berjalan dengan konsisten dan bermanfaat untuk masa depan.

"Kerusakan lingkungan akibat tindakan manusia mesti ditanggulangi dengan semangat gotong-royong berbasis kesadaran kolektif bahwa kita mesti merawat lingkungan yang merupakan sumber kehidupan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat secara daring dalam acara Bimbingan Teknis Sosialisasi dan Rehabilitasi Mangrove yang digelar Badan Restorasi Mangrove dan Gambut (BRMG) Republik Indonesia dan diikuti masyarakat serta komunitas pecinta lingkungan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (16/12).

Hadir pada kesempatan itu Kristina Yuniati (Kepala Sub Kelompok Kerja Evaluasi dan Pelaporan - Badan Restorasi Mangrove dan Gambut /BRMG), Zayinul Fahri  (Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai /BPDAS Pemali Jratun, Ditjen PDASHL, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia), Suhirin (Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah) dan Hari Wibowo (Mewakili Kepala Resort Tegal, Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Jawa Tengah.)

Menurut Lestari, di masa lalu nenek moyang kita mengajarkan kearifan lokal untuk melestarikan lingkungan di sekitar kita dengan berbagai cara.

Di masa kini, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, upaya serupa dengan cara yang bisa dipahami oleh masyarakat juga harus dilakukan agar lingkungan kita tetap lestari.

Apalagi, ujar Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI itu, pelestarian lingkungan sejatinya merupakan bagian dari  upaya perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan bumi.

Di sisi lain, tambah Rerie, pada Pasal 28H UUD 1945 memberi amanat penting bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia.

Sehingga, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, mengupayakan lingkungan hidup yang lebih baik harus dilaksanakan oleh negara dan partisipasi aktif dari masyarakat.

Menurut Rerie, kearifan lokal para leluhur telah mewarisi kita bagaimana pengelolaan lahan dengan selalu mempertimbangkan asas  keberlanjutan.

Sehingga, ujar Rerie, kita juga harus optimalkan kembali pengetahuan adat dan kearifan lokal yang selalu memelihara harmoni antara manusia dengan alam semesta dalam proses pelestarian di masa kini agar mampu mewarisi lingkungan hidup yang lebih baik bagi generasi mendatang.*


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.