image

Proses Pembangunan Butuh Gerak Bersama Anak Bangsa yang Dilandasi Nilai-Nilai Pancasila

Sabtu, 01 Juni 2024 13:30 WIB

Tingkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila setiap warga negara sebagai landasan untuk mewujudkan persatuan setiap anak bangsa dalam merealisasikan tujuan pembangunan nasional.

"Dalam mewujudkan sejumlah target pembangunan, kita membutuhkan gerak bersama dengan landasan berpikir dan berperilaku nilai-nilai kebangsaan yang telah diwarisi oleh para pendiri bangsa di dalam sila-sila Pancasila," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada keterangan tertulisnya, Sabtu (1/6), dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni.

Pada peringatan tahun ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Menurut Lestari, upaya agar setiap anak bangsa bisa menjiwai dan mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam setiap sila pada Pancasila, harus menjadi prioritas bangsa dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dan berdaya saing.

Rerie, sapaan akrab Lestari, berpendapat nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila bila diamalkan dalam keseharian bisa menjadi dasar setiap anak bangsa untuk berperan aktif dalam proses mewujudkan sejumlah target pembangunan.

Dengan negara yang terdiri dari ribuan pulau, beragam suku, dan sejumlah target pembangunan yang dicanangkan, tambah Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, bangsa Indonesia memerlukan gerak bersama dalam upaya mewujudkan target pembangunan itu.

Menurut Rerie, dengan kemampuan memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila seperti antara lain nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah untuk mufakat dan keadilan sosial, dapat diciptakan gerak bersama setiap anak bangsa dalam proses merealisasikan tujuan pembangunan nasional.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap peringatan Hari Lahir Pancasila dapat dijadikan momentum oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat di negeri ini untuk terus meningkatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian.***


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.