image

SMA Methodist Pematang Siantar Wakili Sumut ke Tingkat Nasional

Rabu, 27 Juni 2012 21:40 WIB

Sungguh sangat dramatis kemenangan SMA Methodist Pematang Siantar dalam final lomba Cerdas Cermat 4 pilar seleksi Provinsi Sumatera Utara. SMA Methodist berhasil menyingkirkan pesaing-pesaingnya yang lebih diunggulkan, padahal  disaat soal terakhir babak rebutan dibacakan SMA Methodist hanya unggul 10 poin saja dari saingannya yaitu SMAN 1 Lubuk Pakam. Hingga lomba yang digelar di Asrama Haji Medan pada hari Rabu, 27/6 ini selesai, SMA Methodist berhasil mengumpulkan poin 115 sedang diurutan kedua SMAN 1 Lubuk Pakam dan SMAN 1 Raya dengan poin yang sama yaitu 105. Namun berdasarkan peraturan yang berlaku maka dibacakan satu soal lagi untuk diperebutkan diantara keduanya. Hingga akhirnya SMAN 1 Raya berhasil menjawab soal tambahan dengan benar dan berhak menjadi juara kedua dan SMAN 1 Lubuk Pakam harus puas diperingkat ketiga.

Dibabak tematik sebenarnya regu SMAN 1 Raya lebih unggul dengan nilai sempurna 25 sedang yang lainnya hanya mendapat masing- masing 20. Namun di babak pernyataan benar/salah giliran SMA Methodist yang berhasil menyapu bersih semua penyataan. Dan regu yang lain hanya masing-masing mendapat nilai 40 dan 30. Disaat babak rebutan SMA Methodist dengan percaya diri mampu mengumpulkan 45 poin sama dengan perolehan SMAN 1 Lubuk Pakam sedang SMAN 1 raya berhasil mengumpulkan 50 poin. Diiringi dengan rasa ketegangan diantara peserta dan penonton , lomba final kali ini juga diwarnai beberapa protes dari peserta karena masalah tombol bel yang tidak sesuai dengan harapan peserta. Kemenangan dari SMA Methodist ini seakan mengulang kembali kesuksesannya di tahun 2010 dimana waktu itu SMA Methodist juga menjadi juara provinsi.

SMA Methodist sendiri tampil ke final setelah sebelumnya di babak semifinal  2 mampu menjadi yang terbaik disusul SMAN 1 Raya dengan nilai 120 dan SMAN 1 Medan ditempat ketiga dengan 90 poin. SMAN 1 Raya sendiri berhak maju ke final karena menjadi peringkat kedua terbaik dibandingkan peringkat kedua pada semifinal 1, dimana pada semifinal 1 SMAN 1 Lubuk Pakam berhasil menjadi pengumpul poin terbanyak dengan 125 poin disusul SMAN 2 Rantau Utara dan ditempat ketiga SMAN 1 Lima Puluh dengan 50 poin.

Pada babak final ini juga dihadiri oleh Wakil ketua MPR RI Drs. Lukman Hakim Saifuddin, dalam sambutannya Lukman mengungkapkan perlunya sosialisasi 4 pilar diberbagai kalangan, menurutnya seharusnya yang lebih diprioritaskan yaitu penyelenggara negara. “Merekalah yang seharusnya menerima sosialisasi 4 pilar ini, setiap elite atau penyelenggara negara lahir dari masyarakat, rakyatlah yang melahirkan penyelenggara negara, maka rakyat secara keseluruhan dapat memahami 4 pilar tersebut”, ujarnya. Lebih lanjut Lukman menyatakan bahwa lomba ini harus dijunjung sportivitas yang tinggi, tidak saling menindas, namun semata-mata mencari yang terbaik yang layak mewakili Sumut ke tingkat nasional. Final kali ini menghadirkan juri Dr. H. Rahmat Shah, Dr. Yasonna H. Laoly dan Drs. Eddie Siregar, serta dihadiri Zulkifli taufik, SH., M.Hum yang mewakili Gubernur Sumut.