image

Segera Putus Rantai Kekerasan Terhadap Anak Demi Generasi Penerus yang Berdaya Saing

Selasa, 10 Oktober 2023 14:44 WIB

Upaya memutus rantai kekerasan terhadap anak harus konsisten dilakukan dengan dukungan dan partisipasi para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, demi mewujudkan generasi yang tangguh dan berdaya saing.

"Menciptakan suasana yang ramah anak di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat harus menjadi kepedulian semua pihak dalam rangka mewujudkan generasi penerus yang berdaya saing dan berakhlak mulia," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/10).

Catatan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terdapat sebanyak 2.355 pelanggaran terhadap perlindungan anak yang masuk KPAI hingga Agustus 2023. Sebelumnya sepanjang 2022, KPAI telah menerima 4.683 aduan pelanggaran terhadap perlindungan anak.

Jenis dari pelanggaran yang masih terjadi saat ini antara lain anak sebagai korban perundungan, anak korban pemenuhan fasilitas pendidikan, anak korban kebijakan pendidikan, anak korban kekerasan fisik dan/atau psikis, anak korban kekerasan seksual, serta jenis pelanggaran lainnya.

Menurut Lestari, dukungan yang maksimal semua pihak untuk memutus rantai kekerasan terhadap anak harus segera dilakukan, bila kita tidak mau generasi penerus bangsa memiliki masa depan yang suram.

Berbagai pelanggaran dan kekerasan terhadap hak anak, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus segera dihentikan secara sistematik dan semua pihak mengedepankan upaya untuk mewujudkan lingkungan yang benar-benar ramah anak.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II JawaTengah itu, juga berharap lingkungan pendidikan tempat anak menuntut ilmu memberikan penguatan terhadap karakter dan budi pekerti terhadap anak untuk mencegah budaya kekerasan yang berkelanjutan.

Selain itu, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, para orang tua sejak di lingkungan keluarga juga harus menanamkan budaya saling menghargai dan menghormati sesama manusia dalam upaya mewujudkan anak yang berakhlak mulia.

Rerie sangat berharap semua pihak berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan lingkungan yang benar-benar ramah anak, demi berjalannya proses pembangunan sumber daya manusia (SDM) nasional yang lebih baik.*


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.