image

Sjarifuddin Hasan : Museum Dan Galeri Seni SBY Ani Diresmikan 1 Juni

Selasa, 31 Januari 2023 22:00 WIB

Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY Ani di atas lahan 1,5 Ha, Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Kabupaten Pacitan provinsi Jawa Timur hampir rampung. Direncanakan, pembangunan gedung dengan luas mencapai 7.500 meter persegi, itu akan diresmikan pemakaiannya pada 1 Juni 2023, bertepatan dengan peringatan empat tahun berpulangnya mendiang  Ani Yudhoyono.

Peresmian Museum dan Galeri Seni SBY Ani, sempat tertunda hingga beberapa kali. Ini disebabkan oleh banyaknya kesulitan yang ditemui dalam menyusun outfit galeri seni. Khususnya mensinkronkan foto dan gambar-gambar, sesuai konsep yang diinginkan Pak SBY. Dan itu bisa memakan waktu hingga berhari-hari.

"Pak SBY mengawasi langsung penyusunan outfit  galeri seni ini. Sedangkan untuk museumnya, tidak ditemukan kesulitan berarti. Outfit  galeri seni,  ini sempat Beberapa kali mengalami perubahan karena  kurang sesuai dengan konsep yang dikehendaki Pak SBY. Itulah yang menjadi sebab tertundanya peresmian Museum dan Galeri Seni SBY Ani. Padahal secara konstruksi bangunan, semua sudah selesai sejak beberapa waktu lalu," kata Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. H. Sjarifuddin Hasan MM., MBA.

Pernyataan itu disampaikan Syarief Hasan usai mendampingi Presiden Indonesia  ke enam Susilo Bambang Yudhoyono melihat langsung proses pelaksanan pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY Ani, di Pacitan, Selasa (31/1/2023).

Menteri Koperasi dan UMKM di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, itu menekankan di dalam Museum dan Galeri Seni SBY Ani bisa ditemukan kisah-kisah kehidupan, juga naik turun dan keberhasilan SBY sejak kecil hingga tuntas menjalankan tugas menjadi presiden Indonesia dua periode. Yaitu 2005-2009 dan 2009-2014.  

Mulai dari masa kecil, saat ia tinggal di rumah orangtuanya. Lalu saat duduk di bangku SLTA, dan masa masa remaja termasuk aktivitas bersama group bandnya. Juga saat masuk dan menjalani pendidikan di AKABRI, semua ada sesuai fakta sejarah. Tak ketinggalan  prestasi yang pernah dicapainya.

"Saya berharap, Museum Dan Galeri Seni SBY Ani, ini bisa menjadi preferensi untuk generasi kita dan yang akan datang. Inilah legacy dan inilah prestasi yang pernah dilakukan oleh seorang yang bernama SBY. Data yang disajikan lengkap,  baik secara kualitatif maupun kuantitatif," pungkasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, M.M, M.B.A.