image

Syarief Hasan : Kesehatan Berpotensi Menambah Jumlah Orang Miskin

Selasa, 06 Februari 2024 20:27 WIB

Wakil Ketua MPR, yang juga Caleg DPR RI dapil Jabar 3 meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur Prof.  Dr. H. Sjarifuddin Hasan, SE.,  MM., MBA., mengingatkan seluruh masyarakat untuk senantiasa  menjaga kesehatan. Kesehatan, itu sangat mahal dan tak ternilai harganya. Terlebih saat ini adalah musim penghujan, sehingga berpotensi terjangkitnya berbagai macam penyakit.

Banyak cara menurut Sjarifuddin Hasan bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan menjadi anggota BPJS Kesehatan. Dengan memiliki keanggotaan BPJS, masyarakat bisa berobat setiap saat. Bukan hanya sakit ringan, tetapi juga jenis penyakit berat. Baik dalam kondisi keuangan yang baik maupun saat  kesulitan ekonomi.

"Bagi yang belum, segeralah bergabung dengan BPJS, supaya kesehatan seluruh anggota keluarga  terlindungi, bukan hanya saat sekarang, tetapi juga dimasa yang akan datang. Jika saudara memiliki kelebihan materi dan bisa membayar pelayanan pengobatan, tetaplah jadi anggota BPJS, supaya bisa membantu melakukan subsidi silang kepada sesama untuk  memperoleh layanan kesehatan yang diperlukan," kata Sjarifuddin Hasan yang akrab disapa Syarief Hasan.

Pernyataan itu disampaikan  Syarief Hasan pada acara pengobatan gratis, yang diselenggarakan di Kampung  Mitraloka RT 05/018 Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur, Selasa (6/2/2024). Pengobatan gratis, itu dihadiri puluhan peserta, dari berbagai usia. Mereka rela berdesakan untuk mengecek kesehatan, sekaligus mendapat obat dan vitamin yang dibutuhkan.

Salah satu keuntungan anggota BPJS, menurut Syarief Hasan adalah tetap mendapat pelayanan kesehatan, meski sedang tidak memiliki uang, maupun saat ada kebutuhan lain yang mendesak. Seperti bayar biaya anak sekolah, atau kebutuhan lain.

"Kebayang tidak jika kita sakit, tapi tidak memiliki biaya, atau harus membayar kebutuhan lain yang mendesak. Padahal penyakit yang diderita mengharuskan untuk berobat," ungkap Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Karena itu, Syarief Hasan menekankan pentingnya ikut BPJS Kesehatan. Apalagi, kesehatan  berpotensi menambah jumlah orang miskin, jika tidak dikelola dan diperhatikan dengan baik. Buktinya, banyak tokoh masyarakat yang  menderita penyakit tertentu  selama bertahun tahun, kemudian jatuh miskin.

"Kalau ada anggota keluarga  yang sakit dan harus  berobat,  apapun pasti akan diusahakan, termasuk jika harus menjual harta benda yang dimiliki. Jika kejadian tersebut berlangsung lama, bukan tidak mungkin kekayaan yang dimiliki ludes terjual sehingga jatuh miskin," pungkasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, M.M, M.B.A.