image

Syarief Hasan: Bentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru dan Alumni

Kamis, 08 April 2021 16:07 WIB

 

Makassar - Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, SE, MM, MBA mengungkapkan bahwa untuk memunculkan karakter anak didik atau siswa sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa, harus dibentuk dengan berbagai cara antara lain melalui teori-teori yang diajarkan di kelas dan keteladanan yang ditunjukkan oleh tenaga pendidik atau gurunya serta para alumninya.

Perilaku guru yang baik, menurut Syarief Hasan akan membekas di diri siswa sehingga akan membentuk jati diri mereka.  Sedangkan kemajuan dan kehebatan para alumni akan memotivasi siswa untuk makin giat belajar dalam menggapai cita-citanya. Dua hal ini sangat penting ada pada diri siswa agar terwujud generasi muda Indonesia selain berkarakter kebangsaan yang kuat, juga memiliki potensi besar di masa depan.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan MPR dari Partai Demokrat ini saat mengunjungi SMA Negeri 3 Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/4/2021).  Hadir dalam acara, Kepala Sekolah Drs. Nasriadi, M.M.Pd dan para guru SMAN 3.

"Makanya saya ingin agar di sekolah itu dibuat semacam database yang bisa diakses siswa yang isinya kumpulan para alumni yang sudah menjadi tokoh nasional seperti Mantan Wapres RI Jusuf Kalla dan saya sendiri sama-sama alumni SMAN 3 Makassar ini.  Selain membuat rasa bangga karena satu almamater dengan tokoh nasional, para siswa akan semakin terpacu untuk sukses mengikuti para seniornya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Syarief Hasan berkesempatan berdialog dengan para siswa secara online.  Dalam dialognya, Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mendorong siswa untuk rajin dalam menuntut ilmu agar bangsa ini memiliki banyak sumber daya manusia yang unggul.

"Kalian mesti bersyukur bisa menempuh pendidikan di salah satu sekolah yang berkualitas di Indonesia.  Untuk itu kalian harus manfaatkan betul-betul jangan disia-siakan dan jangan malas.  Kalau itu dilakukan dengan sungguh-sungguh serta konsisten saya yakin kalian akan mudah mendapatkan apa yang kalian inginkan.  Mungkin saja kalian bisa mengikuti jejak saya bahkan lebih," tandasnya.

Di sesi akhir, Syarief Hasan mengajak para guru untuk membimbing anak didiknya dengan baik, penuh semangat demi masa depan negara.  Dan, untuk para siswa agar selalu mematuhi para guru, serap semua ilmu yang diberikan dengan kesungguhan hati diiringi dengan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberi kemudahan dalam menempuh pendidikan.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, M.M, M.B.A.