image

Terima Bupati Ngawi, Bamsoet Dukung Pembangunan Sirkuit Balap di Ngawi

Jumat, 03 September 2021 16:34 WIB

 

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum Ikatan motor Indonesia (IMI) mendukung rencana pembangunan Sirkuit Balap di Kabupaten Ngawi Jawa Timur, yang digagas Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono. Sirkuit dengan lintasan beraspal tersebut rencananya dibangun diatas lahan seluas 30 hektar, bisa digunakan untuk balap motor dan mobil sekaligus menjadi sport automotive tourism di Kabupaten Ngawi dan daerah sekitar lainnya.

"Terletak di paling barat provinsi Jawa Timur, menjadikan Kabupaten Ngawi sangat strategis, karena juga sangat mudah diakses melalui Surakarta, Jawa Tengah. Sehingga selain memajukan kegiatan balap di Ngawi dan berbagai daerah Jawa Timur, kehadiran Sirkuit Balap tersebut juga turut memajukan kegiatan balap di Surakarta dan daerah lainnya di Jawa Tengah," ujar Bamsoet usai menerima Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, di Jakarta, Jumat (3/9/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, industri balap Indonesia memiliki potensi sebagai salah satu sektor yang memberikan sumbangan terbesar bagi pendapatan asli daerah, sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19. Melalui berbagai event kejuaraan yang digelar di sirkuit, bisa memberikan multiplier effect economy dalam menggerakan berbagai sektor ekonomi rakyat. 

"Dari mulai UMKM yang menyiapkan souvenir dan kerajinan tangan, hingga hotel yang menyediakan penginapan. Sekaligus juga menjadi pendorong agar lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung dan menikmati berbagai keindahan alam Kabupaten Ngawi," jelas Bamsoet. 

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, kegiatan industri balap Indonesia kedepannya akan semakin meriah. Terlihat dari banyaknya kepercayaan internasional terhadap Indonesia menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap bergengsi dunia. 

Antara lain, FIM  World Superbike Championship 2021 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2021 di Borobudur, Jawa Tengah dan di Jembrana, Bali, hingga MotoGP World Championship 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika. Terbaru, Indonesia juga akan menyelenggarakan MiniGP Indonesia Series sebagai bagian dari keikutsertaan dalam FIM Mini GP World Series 2022.

"Dukungan dari daerah sangat diperlukan agar Indonesia bisa semakin dipercaya internasional menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan bergengsi dunia. Semakin banyak daerah yang memiliki sirkuit, semakin baik bagi perkembangan industri balap Tanah Air," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.