image

Tindak Lanjuti Instruksi Megawati, Tiga Pilar Partai Bantu Korban Insiden Kanjuruhan

Senin, 03 Oktober 2022 19:24 WIB

KABUPATEN MALANG - Tragedi Stadion Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) lalu masih menyisakan duka mendalam. Bukan hanya bagi masyarakat yang sanak keluarganya menjadi korban, melainkan juga duka bagi bangsa Indonesia.

Perasaan duka tersebut juga disampaikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Presiden RI ke 5 tersebut menugaskan Ahmad Basarah dan Tri Rismaharini, baik dalam kapasitasnya sebagai Pejabat Negara Wakil Ketua MPR dan Mensos RI, juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan  untuk langsung takziah kerumah duka keluarga korban yang berdomisili di Malang Raya.

"Instruksi dari Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri kepada 3 Pilar Partai harus turun mendampingi dan meringankan beban yang harus ditanggung keluarga daripada korban tragedi kerusuhan itu," kata Ahmad Basarah di Kantor Kecamatan Klojen, Kota Malang, Senin (3/10/2022).

Megawati juga perintahkan langsung tiga pilar partai PDI Perjuangan Malang Raya, Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah Kab. Malang dan Kota Batu, Ketua DPRD & Fraksi PDI Perjuangan Se Malang Raya serta Ketua DPC PDI Perjuangan se Malang Raya untuk saling bergotong royong  membantu dan takziah langsung ke rumah keluarga korban sekaligus kita menyambung silaturahmi,"

"Untuk Korban diluar Malang seperti Probolinggo, Pasuruan dan kota-kota lain, bela sungkawa Ibu Ketua Umum akan di wakilkan kepada Pengurus DPC dan Fraksi Partai masing-masing," terang Basarah.

Wakil Ketua MPR RI yang juga Anggota Komisi X DPR RI ini memberikan apresiasi atas penanganan pasca tragedi kemanusiaan itu. Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat terutama Kementerian Sosial dan Kemenko PMK yang sudah responsif menangani paska insiden tersebut. Ini adalah cara pemerintah hadir untuk berada di tengah rakyatnya  yang sedang berduka," papar Ahmad Basarah.

Termasuk dia juga memuji langkah Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga Kabupaten Malang yang telah memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia serta menggratiskan proses pengobatan dan perawatan bagi para korban luka-luka dalam tragedi tersebut.

"Ini langkah yang sangat baik, melalui penanganan yang cepat dan responsif bisa menghindari jatuhnya korban-korban lanjutan bisa diminimalisir. Dan mereka yang terluka bisa mendapatkan perawatan secara optimal," jelas Basarah

Disisi lain, Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini menyampaikan, dia sekaligus mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengucapkan turut berdukacita yang mendalam kepada korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Yakinlah almarhum dan almarhumah Insya Allah diberikan khusnul khotimah. Karena itu mari kita bersama ikhlaskan, karena dengan keikhlasan akan melapangkan jalan almarhum dan almarhumah berada di tempat yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ucap Tri Rismaharini, di Kantor Kecamatan Klojen, Kota Malang, Senin (3/10/2022).

Turut hadir bersama Ahmad Basarah  & Mentri Sosial, Menko PMK, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Sri Untari, Bupati Malang Sanusi, Walikota Malang Sutiaji, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, dan Fraksi PDI Perjuangan Se Malang Raya.


Anggota Terkait :

Dr. AHMAD BASARAH, S.H., M.H.