image

Tingkatkan Daya Adaptasi Masyarakat untuk Hadapi Perubahan

Jumat, 13 Januari 2023 15:07 WIB

Tingkatkan daya adaptasi masyarakat untuk menghadapi berbagai perubahan di sejumlah sektor pembangunan. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) disesuaikan dengan peluang yang tersedia merupakan langkah strategis yang harus dilakukan.

"Krisis global yang menghantam sejumlah negara di dunia berpotensi mempengaruhi permintaan sejumlah produk dari dalam negeri. Berbekal optimisme kita harus segera mempersiapkan peningkatan daya adaptasi masyarakat untuk menghadapi dampak perubahan tersebut," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/1).

Data Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mencatat, sejak awal semester dua 2022 industri padat karya seperti tekstil dan produk tekstil (TPT) serta alas kaki dihadapkan pada penurunan permintaan pasar global sebesar 30%-50% hingga kuartal pertama 2023, khususnya dari negara-negara maju.

Menurut Lestari, sejumlah skenario antisipasi menghadapi dampak gejolak ekonomi global harus segera dipersiapkan agar perekonomian nasional tetap bergerak.

Pembukaan pasar ekspor baru dan peningkatan kualitas produk ekspor, tambahnya, harus terus diupayakan.

Rerie sapaan akrab Lestari berpendapat, mempersiapkan sejumlah pelatihan untuk menambah keterampilan baru bagi pekerja yang terkena imbas perubahan, bisa jadi salah satu upaya untuk meminimalkan dampak perubahan di sejumlah sektor pembangunan.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu sangat berharap ada penguatan di sektor pendidikan dan kesehatan agar bangsa Indonesia mampu mencetak anak  bangsa yang adaptif dalam berbagai perubahan yang terjadi.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu juga mendorong agar nilai-nilai kebangsaan yang diwarisi oleh para pendiri bangsa dapat dilestarikan dan diamalkan oleh generasi penerus sebagai landasan perjuangan menghadapi berbagai perubahan di sejumlah bidang.

Rerie mengajak semua pihak, para pemangku kepentingan di pusat dan daerah, secara bersama mengambil langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi dampak perubahan perekonomian global.

Dengan semangat nasionalisme dan persatuan yang kuat, Rerie optimistis, bangsa Indonesia mampu menjawab berbagai tantangan perubahan di masa datang. *


Anggota Terkait :

Dr. LESTARI MOERDIJAT S.S., M.M.