image

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid: Warga Lamongan Punya Etos Kerja dan Perantau Hebat

Senin, 26 Juni 2023 19:27 WIB

JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid bersilaturahim dengan ribuan warga Lamongan se-Jabodetabek yang tergabung dalam Paguyuban Pualam (Putera Asli Lamongan) di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesiua Indah (TMII), Jakarta, Minggu (25/6/2023).

Wakil rakyat yang akrab disapa Gus Jazil ini menyebut bahwa warga Lamongan di Jakarta dikenal memiliki tekad yang kuat dan tangguh sebagai perantau. ”Saya menaruh hormat kepada warga Lamongan, luar biasa, ada dimana-mana. Orang Lamongan secara sumber daya manusianya luar biasa. Orang Lamongan punya tekad yang kuat sebagai perantau. Menurut Nabi, salah satu syarat sukses ya harus merantau, seperti kebanyakan orang Lamongan,” tutur Gus Jazil pada acara Pagelaran Budaya Lamongan dan Pengukuhan pengurus Pualam Periode 2023-2028.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Lamongan-Gresik ini mengatakan, warga Lamongan yang ada di DKI Jakarta memiliki kekhasan tersendiri. Selain dikenal punya tekad kuat dan ulet, warga Lamongan yang kebanyakan bekerja sebagai pedagang pecel lele, adalah sponsor utama agar masyarakat gemar makan ikan. ”Orang Lamongan yang mengenalkan suka makan ikan. Gemar makan ikan itu sponsor utamanya para pedagang pecel lele Lamongan. Ikan adalah sumber protein yang membuat anak-anak kita cerdas,” katanya.

Dengan potensi yang dimiliki, hal yang perlu diberikan kepada warga Lamongan di perantauan adalah akses. ”Hal yang menentukan masa depan kita, kunci sukses adalah SDM. Kita punya SDM unggul dan punya semangat. Tinggal aksesnya saja, begitu dibuka akses, banyak yang sukses. Ini salah satunya Pak Sutikno, anggota TNI berpangkat sersan mayor asal Lamongan, begitu diberi akses sebagai caleg DPRD DKI dari PKB, alhamdulillah terpilih,” ujar Gus Jazil.

Menurutnya, jika saat ini ada warga asli Lamongan yang bisa menjadi anggota DPRD DKI Jakarta, bukan hal yang mustahil jika kelak ada warga Lamongan yang bisa menjadi Gubernur DKI Jakarta. "Apa nggak bisa orang Lamongan jadi gubernur DKI? Saya rasa bisa," katanya.

Wakil Ketua Umum DPP PKB ini mengapresiasi dukungan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi kepada Pualam yang luar biasa dengan mengajak para camat dan jajaran kepala dinasnya untuk ikut mensukseskan Pagelaran Budaya Lamongan dan Pengukuhan pengurus Pualam Periode 2023-2028.

Gus Jazil juga menyatakan kesiapannya untuk mendukung pembangunan Lamongan yang sedang dilakukan oleh jajaran Pemkab Lamongan, termasuk dalam hal pembangunan infrastruktur jalan dan akses kesehatan, dan lainnya. "Nanti saya yang kawal programnya di Senayan," tuturnya. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. JAZILUL FAWAID, SQ., M.A.