image

Yandri Susanto : Pergunu Punya Tugas Mulia Untuk Bangsa

Minggu, 30 Juli 2023 18:50 WIB

Wakil Ketua MPR H Yandri Susanto S.Pt mengatakan bahwa para guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Nadhlatul Ulama (Pergunu) berperan serta secara aktif dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Pergunu juga berkontribusi dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia yang tangguh dan berdaya saing. Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mempersiapkan generasi muda merupakan tugas mulia bagi bangsa dan negara.

"Pergunu sebagai sebuah organisasi profesi guru yang berbasis guru-guru nadhlatul ulama berperan serta secara aktif dalam upaya pencerdasan kehidupan bangsa," ujar Yandri. "Pergunu berkontribusi besar dalam mempersiapkan generasi muda indonesia yang tangguh dan berdaya saing," lanjut Yandri.

Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto saat menghadiri Rapat Kerja Pergunu Kecamatan Cikande Serang di Kantor PGRI Kabupaten Serang (30/7). Turut hadir Ketua Pergunu Kabupaten Serang H Aminudin, dan Ketua Pergunu Provinsi Banten Ust. Humaidi.

Dalam kesempatan ini Yandri juga menegaskan dukungannya terhadap langkah Pergunu yang terus menerus memperjuangkan KH Abdul Chalim sebagai Pahlawan Nasional. Sebagai Pendiri Pergunu KH Abdul Chalim banyak meletakan pondasi pendidikan bagi guru-guru di Indonesia.

Sebagai pejuang, banyak literasi sejarah yang membuktikan kontribusinya dalam Konferensi Hijaz dan Resolusi Jihad. Sebagai salah seorang Pendiri NU bersama dengan KH Hasyim Ashari dan KH Wahab Chasbullah, ia juga berperan penting menjadi penulis, penyampai pesan (komunikator) dan sekretaris dalam kepengurusan NU di periode awal berdirinya.

"KH. Abdul Chalim sangat layak menjadi pahlawan nasional, berbagai literasi dan jejak perjuangannya sangat jelas bagi bangsa dan negara. Sehingga saya mendukung penuh upaya Pergunu dalam memperjuangan KH. Abdul Chalim sebagai Pahlawan Nasional," ujar Anggota DPR yang berasal dari Dapil Banten II tersebut.

"Kontribusi KH. Abdul Chalim dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia serta peran sertanya dalam usaha mempertahankan kemerdekaan secara jelas dan gamblang dapat ditemui di berbagai literasi dan memori masyarakat," jelas Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Sebagai organisasi profesi guru yang memiliki anggota terbanyak di Indonesia, sudah selayaknya Pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional bagi peletak dasar sekaligus pendiri Pergunu yaitu KH. Abdul Chalim, tutup Yandri.


Anggota Terkait :

H. YANDRI SUSANTO, S.Pt.