image

Anggota Badan Sosialisasi MPR, Abidin Fikri: Kerja Ideologi Harus Terus Menerus

Sabtu, 03 Oktober 2015 11:50 WIB

Saat menjadi narasumber Training of Trainers 4 Pilar MPR di Bogor, Jawa Barat, 3 Oktober 2015, untuk kalangan generasi muda; anggota Badan Sosialisasi dan anggota Fraksi PDIP di MPR, Abidin Fikri, mengungkapkan generasi muda sekarang tidak mengalami apa yang dialami generasi muda di masa lalu. Di masa lalu, generasi muda diberi penataran Pancasila dan ada pendidikan PMP.

Sekarang, selepas era reformasi, generasi muda tak dikenalkan dengan Pancasila, "padahal mereka adalah generasi penerus," ujarnya. Untuk itulah dengan training of trainers, MPR memperkenalkan kepada generasi muda tentang Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. "Selanjutnya mereka akan menyebarkan keempat nilai luhur itu ke masing-masing organisasinya," ujarnya.

Diakui bahwa peserta adalah dari aktivis dari berbagai organisasi dengan latar belakang yang beragam. Justru dengan itulah mereka bisa membangun wawasan kebangsaan secara bersama. Abidin mencontohkan pada Kongres II Pemuda Tahun 1928, mereka datang dari beragam latar dan asal usul namun mereka sepakat untuk bersatu dalam Indonesia.

Abidin mengakui bahwa pemahaman generasi muda kepada Pancasila masih belum menggembirakan. Faktanya banyak generasi muda yang hafalan Pancasilanya kebalik-balik.

Hal inilah yang menurut Abidin merupakan tantangan. Dengan pelatihan untuk pelatihan diharapkan mereka bisa mengerti. Bagi Abidin kerja ideologi harus terus dilakukan secara terus menerus.