image

Jelang Lebaran, Ketua MPR Cek Harga Sayur Dan Daging Di Pasar Jatijajar Bandung

Sabtu, 18 Juni 2016 14:55 WIB

Di sela-sela safari ramadan hari kedua di Jawa Barat, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyempatkan diri berkunjung ke Pasar Cermat Jatijajar, Bandung Barat. Kedatangannya ke pasar juga bertujuan untuk mengecek harga sayur mayur dan daging menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Zulkifli berbincang dengan sejumlah pedagang mengenai kestabilan harga daging, sayur mayur dan lainnya selama ramadan. Dari perbincangan itu, diketahui harga bahan pangan di Pasar Batujajar tersebut masih sangat fluktuatif.

Zulkifli menekankan pentingnya peran pemerintah dalam menjaga kestabilan harga pasar, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di mana, ketersediaan sayur dan daging harus terjamin agar tidak kenaikan harga.

"Suplai ketersediaan daging dan sayuran penting untuk menjaga stabilitas harga. Jangan sampai jelang lebaran harga kembali naik," terang Zulkifli di sela-sela kunjungannya ke Pasar Cermat Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (18/6/2016).

Beberapa jenis sayuran mengalami kenaikan harga, seperti terong yang semula hanya Rp 6.000 menjadi Rp 10.000 per kilonya. Di samping itu, ada pula sayuran yang justru mengalami penurunan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri, yakni jengkol yang semula harganya Rp 80.000 menjadi Rp 50.000 per kilo.

Hal yang sama juga berlaku bagi daging. Zulkifli menilai untuk harga daging di pasar itu cukup wajar seban sudah lebih rendah dibanding harga sebelumnya yang mencapai Rp 130.000.

Untuk harga daging daging sapi kualitas premium yang semula Rp 130.000 turun menjadi Rp 110.000. Namun ada juga harga daging yang bergantung pada kualitasnya dijual dengan kisaran harga Rp 80.000 hingga Rp 110.000 per kilo.

"Jadi harga daging sudah mulai stabil ya," ujar Zulkifli saat berbincang dengan salah satu penjual daging sapi bernama H. Elih.

Usai meninjau pasar, Zulkifli pun kembali melanjutkan agenda perjalanannya ke masjid Batujajar yang terletak tidak jauh dari pasar. Safari Ramadan ini akan berakhir pada Minggu, 19 Juni 2016.