image

Kayong Utara Maju Berkat Pemekaran Daerah

Sabtu, 24 Oktober 2015 19:55 WIB

Hari kedua press gathering Pimpinan MPR dengan koordinatoriat wartawan parlemen di Kalimantan barat pada Sabtu (24/10)  diisi dengan kegiatan wisata pantai. Pantai Pulau Datok Kabupaten Sukadana menjadi tujuan wisata daerah. Perjalanan menuju pantai pulau datuk ditempuh selama lima jam menggunakan boat. Selain menyusuri sungai kapuas, perjalanan ke Patai Pulau Datok juga dilakukan dengan melintasi laut Cina Selatan.  

 Patai Pulau Datok, merupakan sebuah pantai landai  yang indah, dengan hamparan pasir putihnya. Sayang pantai yang elok tersebut belum dikembangkan dengan baik, meski beberapa sarana sudah tersedia. Seperti warung makan , toilet, serta mainan yang cukup mengundang tantangan.  

Malamnya peserta press gathering bertemu dengan Bupati Kayong Utara  H. Hildi Hamid. Rombongan mendapat penjelasan seputar Kayong Utara. Kayong  Utara dengan ibukota Kabupaten Sukadana  merupakan kabupaten hasil pemekaran pada 2007. Sebelumnya, Gayong Utara merupakan wilayah dari kabupaten Ketapang. 

"Sekarang,  pendidikan wajib  12  tahun gratis, pemkab juga membayarkan premi kesehatan masyarakat mencapai 89 persen", kata Hildi  Menambahkan. 

Hildi mengakui masih banyak masyarakat Indonesia  belum mengenal Sukadana. Apalagi transportasi yang tersedia masih dirasa berat. Untuk mencapai Sukadana melalui jalur sungai dan laut misalnya  membutuhkan waktu selama lima jam. Sementara untuk perjalanan darat dibutuhkan waktu sekitar delapan jam dari Pontianak. 

"Mudah-mudahan tahun depan kondisinya akan semakin membaik. Apalagi anggaran desa dari pemerintah, meskipun belum penuh tapi sudah mulai dikucurkan", kata Hildi menambahkan. 

Sementara Kepala Biro Humas MPR Ma'ruf Cahyono mengapresiasi capaian pembangunan yang diraih Kayong Utara. Ia berharap peserta press Gathering bisa membantu Pemberitaan Kayong Utara, agar lebih dikenal masyarakat Indonesia.