image

Ketua BPK : MPR Adalah Ibu Bagi Semua Lembaga Negara

Kamis, 09 Juli 2015 14:30 WIB

Rencana pelaksanaan sidang tahunan MPR pada 15 Agustus nanti, tidak sama dengan pelaksanaan sidang MPR sebelum reformasi. Dulu MPR bersidang untuk meminta pertanggungjawaban Presiden sebagai mandataris. Sehingga dimungkinkan adanya pertanyaan, kritik bahkan menolak pertanggung jawaban presiden. 

Namun sidang tahunan MPR nanti, merupakan  sarana bagi ketua lembaga negara menyampaikan laporan kinerjanya kepada masyarakat, melalui anggota MPR. Jadi sifatnya searah,  tidak ada pertanyaan apalagi sanggahan. 

Pernyataan itu disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan dihadapan pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di gedung BPK  pada Kamis (9/7). Zulkifli ke kantor BPK untuk menyampaikan undangan pelaksanaan sidang tahunan MPR Agustus nanti.  Pada kesempatan tersebut rombongan pimpinan MPR ditemui Ketua BPK Harry Azhar Aziz beserta para wakilnya. 

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli berharap Pimpinan BPK bisa hadir secara lengkap. Ini penting agar masyarakat bisa menyaksikan pimpinan BPK kompak menjalankan tugasnya.

Menanggapi Undangan tersebut Ketua BPK Harry Azhar Aziz menyatakan kesiapannya hadir pada acara  sidang tahunan. Menurutnya, acara sidang tahunan merupakan acara yang sangat baik. Karena itu ia berharap, sidang tahunan bisa menjadi konvensi sistem ketatanegaraan yang baik di masa depan. Apalagi acara tersebut dilaksanakan MPR. 

"MPR itu kan ibu dari lembaga-lembaga negara. Dan karena  itu MPR memang wajar memanggil dan mengumpulkan lembaga negara, yang tak lain adalah anak-anaknya", kata. Harry Azhar Aziz menambahkan.