image

Ketua MPR: Apresiasi Pemimpin Yang Peduli Budaya

Minggu, 11 Oktober 2015 09:00 WIB

Liwa- Indonesia adalah negara besar dan unik. Unik karena Indonesia terdiri dari beragam budaya dan adat yang berbeda-beda.  

Budaya nasional Indonesia terdiri dari budaya-budaya daerah yang masing-masing memiliki kekhasannya sendiri.  Namun, tidak banyak pemimpin yang care menjaga budaya daerahnya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat menghadiri Festival Budaya Kerajaan Sekala Brak Lampung Barat yang berisi pawai budaya dan pesta rakyat, di Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Liwa, Lampung Barat, Sabtu ( 10/10).

"Dalam kunjungan kerja saya di Lampung, saya menghadiri acara festival kerajaan Sekala Brak atas undangan Raja Kerajaan Adat Kepaksian Pernong Edward Syah Pernong.  Saya lihat beliau yang juga Kapolda Provinsi Lampung sangat peduli dan mengangkat budaya daerahnya. Itu sangat saya apresiasi," ujarnya.

Tidak banyak, lanjut Zulkifli, pemimpin yang ikhlas dan konsisten mengangkat budaya daerahnya.  Padahal, mengangkat dan memajukan budaya daerahnya masing-masing sangat besar dampak positifnya buat daerah tersebut dan rakyat khususnya generasi muda.

"Ikutnya generasi muda dalam aktifitas budaya, selain menanamkan rasa cinta budaya nasional juga memberikan aktifitas baik dan positif menghindarkan generasi muda larut dalam pergaulan dan aktifitas yang negatif," katanya.

Kreatifitas rakyat dan perekonomian rakyat akan berkembang seiring meningkatnya potensi budaya di berdayakan.  Misalnya, meningkatnya kerajinan daerah baju adat, suvenir, kain daerah dan sebagainya akan mengangkat perekonomian rakyat itu sendiri.

"Coba bayangkan jika kreatifitas budaya dan kegiatan positif lain tidak ada, masa sekolah sudah selesai, pekerjaan belum ada, sedangkan tenaga dan pikiran masih muda, banyak menganggur maka pikiran-pikiran yang aneh-aneh akan muncul misalnya berbuat kriminal.  Tapi, Insya Allah kalau aktifitas pengembangan budaya daerah, hidup perekonomian berjalan maka akan mampu meminimalisir bahkan menghilangkan hal-hal negatif tersebut," imbuhnya.

Mengingat dampak positifnya yang sangat besar, Zulkifli berharap agar semua pemimpin daerah perduli dan konsisten dalam pengembangan budaya daerahnya.  Jika pemimpin sudah memberikan teladan cinta pada budayanya, maka rakyat akan meneladaninya ikut mencintai budayanya./der