image

Ketua MPR Terima Bawaslu Award Tahun 2017

Rabu, 12 April 2017 09:02 WIB

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono atas nama Ketua MPR RI menerima penganugerahan Bawaslu Award  tahun 2017.  Ketua   MPR mendapat penghargaan untuk kategori Berpartisipasi Aktif dalam mensukseskan pengawasan Pilkada Tahun 2017. Penghargaan tersebut  diserahkan langsung oleh Ketua Bawaslu tahun 2012-2017  Prof. DR. Muhammad S. IP, M. Si. Bawaslu awards tahun 2017, itu  berlangsung di Balai Sarbini Jakarta, Selasa (11/4). 

Pelaksanaan Bawaslu Award, itu juga diisi  yang acara perpisahab komisioner bawaslu  periode 2012-2017. Ikut  hadir pada acara tersebut Menkopolhukkam Wiranto, Ketua DPD Oesman Sapta, Ketua Komis II DPR RI serta perwakilan  TNI dan Polri. 

Usai acara tersebut, kepada wartawan,  sesjen MPR mengatakan Bawaslu Award menjadi bukti bahwa keterbukaan,  akuntabilitas dan pengawasan  dalam penyelenggaraan pemilu merupakan keniscayaan. Ini dibutuhkan agar demokrasi bisa berjalan dengan baik. 

"Penghargaan Bawaslu, ini diharapkan bisa mamacu agar pemilu dan  demokrasi kita berjalan lebih baik", kata Sesjen MPR menambahkan. 

Pemberian Bawaslu Award, kata Sesjen MPR juga menjadi cara agar para mitra Bawaslu dan penyelenggara pemerintah bisa menjalin sinergi yang lebih baik terutama dengan Bawaslu. Sinergi itu dibutuhkan untuk menjamin pelaksanaan pemilu yang makin baik. 

Saat ditanya wartawan, apakah MPR juga akan memberikan award, Ma'ruf menjawab kemungkinan itu bisa saja terjadi. Tetapi, tentu saja bidangnya berbeda. 

"MPR bisa saja memberikan award, tetapi penghargaan yang diberikan adalah untuk pemahaman dan pelaksanaan Empat Pilar. Bisa kepada perorangan, desa, pemerintah daera, kampus atau kelompok masyarakat tertentu. Tetapi itu perlu dilakukan kajian secara mendalam", kata Ma'ruf menambahkan.