image

Ketua MPR Zulkifli Hasan: Indonesia Contoh Terbaik Dalam Bertoleransi

Rabu, 10 Februari 2016 14:25 WIB

Saat memberi pembekalan dalam Rakernas Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Jakarta, 10 Februari 2016, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Sebagai negara di mana mayoritas penduduknya beragama Islam, demokrasi yang berkembang di Indonesia sangat baik.

Meski demikian Zulkifli Hasan mengakui di sini ada yang mayoritas merasa jadi minoritas namun ada pula yang minoritas menjadi mayoritas. Untuk itu Zulkifli Hasan mengakui di sini pentingnya ICMI menyatukan berbagai kekuatan yang ada. 

Diakui bangsa ini mudah dipecah-pecah. Dicontohkan, dalam soal penentuan hari raya lebaran saja, sudah ratusan tahun kita belum sepakat pada hari yang sama. Itu belum masalah yang lain.

Sesungguhnya yang paling penting menurut Zulkifli Hasan adalah meningkatkan sumber daya manusia dan mengembangkan perekonomian.

Dalam kesempatan itu Zulkifli Hasan mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang paling toleransi. Dikatakan, di negara ini ada rasa saling menghargai. "Di mana di dunia ini ada negara seperti Indonesia," ujarnya.

Ia mencontohkan di Indonesia, hari raya masing-masing agama semua diliburkan. Di Indonesia siapapun berhak menjadi pemimpin. Disebut tak ada masalah Ahok menjadi Gubernur Jakarta. Di Indonesia, gereja, masjid, wihara, dan pura, berdampingan dengan damai. "Indonesia adalah contoh terbaik dalam toleransi," ujarnya.