image

M. Rizal : Menanamkan Semangat Berbangsa Dan Bernegara

Minggu, 21 Februari 2016 13:45 WIB

Hari ketiga pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar MPR Dengan Metode Bela Begara atau Minggu (21/2)  dilalui Para peserta dengan mengikuti kegiatan Out Bond. Berbagai permainan diperagakan pada acara out bond ini. Antara lain, memindahkan air, enggrang, serta melalui halang rintang. 

Semua permainan yang dilakukan dalam pelaksanaan Out Bond, itu menurut Kepala Biro Persidangan M. Rizal memiliki maknanya sendiri. Enggarang misalnya, memerlukan semangat, kerja keras, kemampuan dan kerjasama. Makna nilai-nilai itu  nantinya dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Nilai-nilai seperti itu, menurut Rizal harus diajarkan dan dipahami oleh seluruh generasi muda. Termasuk anggota resimen mahasiwa. Karena tanpa kemampuan, kerja sama, perjuangan dan saling berhubungan, cita-cita yang ingin dicapai akan terasa semakin sulit. 

Dengan begitu, kata Rizal selain menguasai materi sosialisasi Empat Pilar MPR, peserta juga memahami langkah-langkah yang dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Ini adalah yang pertama, dan Sejauh ini hasilnya cukup membanggakan. Sehingga bukan tidak mungkin dimasa yang akan datang kita akan menyertakan peserta yang lebih banyak", kata Rizal menambahkan.