image

Ma’ruf Cahyono Buka Kejuaraan Bulutangkis Korpri MPR

Jumat, 20 Januari 2017 09:10 WIB

Sebanyak 106 pegawai di lingkup Sekretariat Jenderal MPR yang terdiri dari pegawai negeri, tenaga perbantuan, tenaga ahli, ajudan, tenaga cleaning service, bahkan ada yang purna bakti mengikuti Kejuaraan Bulutangkis Bapor Korpri Setjen MPR Cup 2017.  

Saat pembukaan kejuaraan, 20 Januari 2017, di lapangan bulutangkis MPR, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Ketua Panitia, Kabag Sekretariat Wakil Ketua MPR, Daniar Murnawan mengatakan, dari peserta sebanyak itu akan dibagi menjadi dua kategori, kategori mahir dan pemula. Disebut kategori mahir ada 16 pasang dan kategori pemula ada 37 pasang. “Semuanya ganda,” ujarnya. Kejuaraan tersebut akan memakan waktu selama dua bulan karena saking banyaknya peserta. Dalam sehari ada empat pertandingan. “Jadwal pertandingan fleksibel,” ujarnya. Jadwal pertandingan tersebut disesuaikan dengan jadwal kerja para pegawai. Bila pada suatu hari, pegawai itu sedang mempunyai kesibukan kerja atau dinas luar maka pertandingan bisa dilakukan pada jam saat ia tidak sibuk. “Kegiatan ini tidak mengganggu kerja pegawai,” papar Daniar.

Dalam kejuaraan yang menerapkan sistem gugur tersebut, pemenang akan memperoleh Piala Bergilir Ketua Pembina Korpri Sesjen MPR dan hadiah hiburan.

Saat memberi sambutan dalam kegiatan itu, Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono menyebut kejuaraan bulutangkis sebagai salah satu kegiatan Korpri yang terus menerus dilakukan. Lebih lanjut dikatakan, kejuaraan tepok bulu angsa itu penting dilakukan sebab mempunyai dua hal, pertama, dengan melakukan olahraga maka badan akan menjadi sehat. Bila badan sehat maka akan mendukung kinerja menjadi lancar. “Bila sehat jasmani maka pekerjaan akan menjadi lancar,” tuturnya. Kedua, kejuaraan tersebut sebagai upaya untuk mencari bibit-bibit unggul pebulutangkis di lingkup Setjen MPR. “Supaya Korpri di sini mempunyai tim yang kuat,” harap Ma’ruf Cahyono. Mencari bibit unggul bagi Ma’ruf Cahyono sangat penting sebab dalam waktu yang akan dekat akan ada Pekan Olahraga Korpri Nasional.

Kejuaraan bulutangkis Korpri MPR yang telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu itu diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin. Meski demikian ditegaskan dalam berolahraga jangan sampai ada unsur keterpaksaan. Ma’ruf Cahyono menghimbau agar pertandingan olahraga di lingkup Setjen MPR tidak hanya bulutangkis namun juga cabang olahraga lain, seperti catur, tenis meja, dan sebagainya. “Ïni satu langkah yang tepat,” ujarnya. Dengan kejuaraan tersebut maka sumber daya olahraga dari pegawai bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu bila ada moment yang lebih besar.

Diakhir sambutan, Ma’ruf Cahyono mengucapkan selamat bertanding dan semoga sukses. Untuk memeriahkan acara, selepas upacara pembukaan, dilakukan pertandingan exhibition, antara pasangan Ma’ruf Cahyono-Kabag Layanan Pengadaan Usep Supriatna melawan Kabiro Setpim Tugiyana-Kabag Sekretariat Wakil Ketua MPR Dikarno.