image

Oesman Sapta Membuka Pameran Haji Dan Umrah Di Raffles Hotel Jakarta

Rabu, 26 Oktober 2016 14:50 WIB

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Rabu siang (26/10/2016), membuka secara resmi  Pameran ke-8 Umrah Haji Internasional Pariwisata di Hotel Raffles Kuningan Jakarta. Hadir dan memberi sambutan Duta Besar Jordania untuk Indonesia Walid Al Hadid.

Pameran yang berlangsung Ballroom Raffles Hotel ini diikuti oleh 55 peserta yang terdiri para pengusaha travel biro haji umrah, perhotelan, dan restoran dari Timur Tengah, khususnya di Arab Saudi. Ini ketiga kalinya pameran ini diselenggarakan di Indonesia.

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta dalam sambutannya menyatakan, bicara soal haji dan umrah, semua orang ingin mendapatkan pelayanan yang paling baik. Dari pengalaman dia naik haji pada 1982 dan terakhir dua bulan lalu, dari hotel-hotel  yang pernah ditempatinya, dia  mendapat pelayanan yang baik. 

Oleh karena itu, Oesman Sapta menyatakan, tak perlu diragukan lagi bahwa event ini diselenggarakan oleh orang-orang profesional.

Karena itu, menurut Oesman Sapta, apa yang ditampilkan di sini pada dasarnya adalah fasilitas yang disedia di Arab Saudi. Mereka, di Arab Saudi, juga  bersaing, terutama antar hotel dalam soal harga. "Maka pandai-pandai orang Indonesia menempatkan diri," ujar Oesman Sapta.

Apalagi  kans Indonesia sangat besar, sekitar 600 ribu jemaah haji dan umrah setiap tahun. "Kalikan saja 600 ribu kali, katakanlah 1.000 dolar Amerilka per orang, itu sudah sangat besar," ujar Oesman Sapta menggambarkan besarnya bisnis haji dan umrah ini.

Pameran ke-8 Haji Umrah Pariwisata di Raffles Hotel ini berlangsung selama dua hari: 26 dan 27 Oktober 2016.