image

Putaran Final Dan Grand Final LCC MPR 2015 Resmi Dibuka

Senin, 10 Agustus 2015 08:39 WIB

Jakarta- Sekretaris Jenderal MPR Eddie Siregar, Minggu ( 9/8 ), bertempat di Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, resmi membuka seremoni Pembukaan  program kegiatan Final dan Grand Final Lomba Cerdas Cermat ( LCC ) MPR RI ( Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Uka dan Ketetapan MPR RI ) tingkat SLTA se-Indonesia, yang dilaksanakan maraton dari tanggal 9 sampai dengan 19 Agustus 2015.

Hadir dalam seremoni Pembukaan tersebut seluruh pejabat teras Sekretariat Jenderal MPR RI dan dihadiri seluruh peserta finalis LCC MPR RI perwakilan 34 provinsi di Indonesia, beserta guru pendamping dan perwakilan dinas pendidikan masing-masing provinsi.

Rangkaian acara diawali dengan pementasan seni kreatif Generasi Muda dari Unpad yakni Penampilan kesenian angklung orkestra dengan membawakan sejumlah lagu-lagu daerah dan nasional dan lagu-lagu internasional yang diiringi orkestra angklung.  Pagelaran seni juga menampilkan tari-tarian tradisional antara lain dari daerah Papua, Bali dan Kalimantan.

Dalam kesempatan tersebut dihadapan ratusan peserta finalis dan grand final LCC MPR RI, Eddie Siregar mengatakan bahwa seleksi LCC yang dilakukan di masing-masing provinsi membawa anak-anak bangsa terbaik ke Jakarta untuk berlaga dalam ajang final dan grand final LCC dan meraih Juara Nasional di tahun 2015.

"Para peserta ini adalah anak-anak terbaik bangsa. Kalian semua harus bangga itu. Kalian juga di tuntut dan diharapkan untuk menjadi teladan dalam pemahaman dan pengimplementasian Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya.

Lomba Cerdas Cermat MPR RI sendiri adalah lomba yang diikuti 10 peserta siswa dari kalangan pelajar SLTA mewakili sekolahnya masing-masing seluruh Indonesia, dengan materi lomba soal Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR RI.  

Seleksi awal dan penyisihan lomba sudah dilakukan diprovinsi masing-masing.  Dan yang keluar sebagai juara 1 di masing-masing provinsi akan berlaga diputaran final dan grand final di Jakarta untuk merebut prestasi terhornat sebagai Juara Nasional LCC MPR RI 2015.

Pada putaran final dan grand final masuk sebagai finalis, 34 SLTA yang mewakili provinsi masing-masing.  Jumlah peserta pelajar yang berlaga mewakili masing-masing sekolah adalah 10 orang siswa.  Total seluruh peserta adalah 340 peserta siswa SLTA dari seluruh Indonesia.

Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI yang juga selaku Penanggung jawab LCC MPR RI 2015 Ma'ruf Cahyono menyampaikan bahwa rangkaian pelaksanaan rangkaian acara final dan grand final LCC MPR RI 2015 dimulai sejak tanggal 9 sampai dengan 19 Agustus 2015.

"Awal pelaksanaan adalah hari ini tanggal 9 Agustus yakni seremoni pembukaan resmi oleh Sekretaris Jenderal MPR RI. Besok tanggal 10, akan ada brifing oleh Setjen MPR RI soal rangkaian acara, teknis lomba dan pengundian jadwal lomba. Dilanjutkan dengan audiensi bersama Pimpinan MPR RI dan Menteri Pendidikan Nasional RI," ungkap Ma'ruf Cahyono.

Rangkaian acara lomba, akan mulai di gelar mulai tanggal 11 sampai 13 Agustus 2015.  Pada tanggal 14 Agustus, para peserta akan mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang DPR RI, pada  tanggal 17 Agustus, peserta dijadwalkan mengikuti upacara HUT RI ke 70 di Istana Negara dan pada  tanggal 18 Agustus, diselenggarakan grand final LCC MPR RI 2015.

"Selain rangkaian kegiatan lomba sampai dengan grand final, para peserta juga akan mengikuti rangkaian wisata pendidikan dan wisata alam sebagai sarana refresing di sela-sela mengikuti lomba antara lain ke Dufan Ancol dan outbound di Taman Buah Mekarsari," jelas Ma'ruf Cahyono./der