image

Seratus Dosen Dari 74 PTS Se Sumbagsel Ikuti TOT Di Palembang.

Kamis, 04 Juni 2015 18:26 WIB

Sebanyak seratus peserta Training of Trainers (ToT) dari 74 perguruan tinggi swasta di bawah  Kopertis Wilayah II meliputi Sumatra Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung Kamis sore, 4 Juni 2015, mengikuti kegiatan pendahuluan sebelum ToT di mulai. 


Di bawah arahan widyaswara para dibagi dalam beberapa kelompok dilanjutkan dengan dinamika kelompok. "Kegiatan ini dimaksudkan agar para peserta yang saling kenal itu bisa saling kenal,  agar suasba cair dan tidak kaku," kata Kepada Biro Persidangan Muhammad  Rizal selaku penanggung jawab ToT ini.


Setelah itu, malam harinya, kegiatan ToT dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR Eddy Prabowo, MM, MBA. Hadir dan sekaligus menyampaikan sambutannya Wakil Gubernur Sumatra Selatan.


Kegiatan ToT di Palembang ini merupakan  ToT kedua diselenggarakan oleh MPR bekerjasama dengan Kopertis untuk 2015, setelah sebelumnya diselenggarakan di Medan, Sumatra Utara. Setelah ToT Palembang, berikutnya ToT diselenggarakan di Sulawesi Selatan. Pada 2015 ini akan menyusul pula ToT untuk TNI Polri dan pekerja seni. 


ToT bekerjasama dengan Kopertis sudah dilaksanakan sejak 2014. Pada tahun lalu itu ToT  diselenggarakan di Jogjakarta, Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Setiap kegiatan berlangsung selama empat hari, meliputi: penyampaian materi, diskusi kelompok, simulasi, dan penutupan.


Pihak penyelanggara sosialisasi dengan metode ToT ini berharap, para dosen yang telah mengikuti kegiatan ini menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR. Setidaknya, menurut Rizal, para dosen ini bisa menyelipkan nilai-nilai Empat Pilar pada saat memberi kuliah.


"Sekarang sudah ada dosen eks peserta ToT dimanfaatkan oleh anggota MPR untuk sosialisasi di dapilnya," kata Muhammad Rizal.