image

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Kerjasama Dengan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Dih

Minggu, 19 Juni 2016 14:15 WIB

Acara Sosialisasi Empat Pilar ini diadakan pada 19 Juni 2016 di Graha Insan Cita, Depok dalam rangka Latihan Kepemimpinan Tingkat III PB HMI.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI penting khususnya bagi generasi muda di tengah dua ancaman besar ideologi dunia terhadap Pancasila. Dua ideologi tersebut adalah Fundamentalisme Agama dan Fundamentalisme Pasar. 

Ideologi Fundamentalisme Agama berwujud radikalisme agama yang bentuk paling ekstrimnya adalah aksi terorisme. Sementara Fundamentalisme pasar berwujud penjajahan bentuk baru di berbagai bidang kehidupan yang pada intinya menjadikan Indonesia sebagai tempat pengerukan sumber daya ekonomi.

Dalam konteks menghadapi ancaman tersebut, HMI diharapkan dapat berperan aktif karena  HMI dalam sejarah lahirnya bertujuan untuk mempertahankan negara dan sekaligus menegakkan dan mengembangkan agama Islam. Artinya tujuan HMI sama dengan tujuan MPR.

Sehingga untuk menghadapi ancaman tersebut, mutlak diperlukan persatuan seluruh anak bangsa termasuk di dalamnya adalah persatuan Islam dan Nasionalis. Persatuan nasional itulah kunci tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pancasila merupakan ekstraksi dari Kebangsaan dan Ke-Islaman. Sehingga memang sudah menjadi tugas HMI melakukan upaya radikalisasi Pancasila menghadapi ancaman-ancaman terhadap negara. Oleh karena itu, upaya memecah belah Islam dan Nasionalis harus dipandang sebagai upaya merongrong Ideologi Pancasila itu sendiri. HMI punya tugas sejarah mewujudkan perpaduan Islam dan Kebangsaan yang mensenyawa diatas bangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Demikian uraian ceraman Ketua Badan Sosialisasi MPR, Ahmad Basarah.